:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Fungsi dan makna thanksgiving sebagai ritual bagi orang Amerika

Zeffry; Pia Alisjahbana, examiner; Parsudi Suparlan, 1938-2007, supervisor; Melani Budianta, supervisor; Masinambow, Eduard Karel Markus, examiner; Doddy W. Sjahbuddin, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Ritual adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan dan bertujuan mensakralkan diri yang dilakukan secara rutin, tetap, berkala, dan dapat dilakukan oleh perseorangan maupun kolektif, menurut waktu, serta berdasarkan konvensi setempat Dalam analisis fungional, ritual dapat dilihat sebagal salah satu sarana kebutuhan yang mempunyai hubungan dengan aspek lain dalam kehidupan suatu masyarakat, dan kebudayaan. Masyarakat Amerika merupakan masyarakat mejemuk yang memiliki sejumlah ritual, baik yang berskala nasional maupun lokal. Salah satunya adalah Thanksgiving.
Penulisan tesis iIni bertujuan untuk menunjukkan dan memperlihatkan berbagai fungsi dan makna simbolik dari ritual Thanksgiving bagi masyarakat Amerika. Selain itu, juga bertujuan untuk menunjukkan dan memperlihatkan tranformasi fungsi dan makna dari ritual tersebut dalam mengikuti perkembangan masyarakat dan kebudayaan Amerika. Sekaligus memperlihatkan pentingnya fungsi dan makna dari beberapa aspek lain yang menyertainya.
Makna sebuah ritual dapat dilihat dari etimologi ritual itu sendiri, termasuk dalam hal ini adalah Thanksgiving. Nilai normatif yang terdapat dalam Thanksgiving adalah nllai normatif bersyukur atau berterima kasih yang dilandasl oleh konsep pemberian. Thanksgiving berfungsi sebagai sarana untuk mengingatkan, memantapkan, dan melestarikan nllai normatif tersebut, sekaligus sebagal ajang mekanisme komunikasi di antara mereka. Dengan kata lain, Thanksgiving memberikan kesadaran bagi warga Amerika untuk terus memahami dan mengoperasionalkan sistem simbol yang di dalamnya terdapat fungsi dan makna bagi kehildupannya. Oleh sebab itu, ritual tersebut dianggap penting oleh mereka dan dianggap sebagal ritual nasional. Sampai sekarang ritual itu terus dilakukan.
Tesis ini menggunakan penelitian dari sumber kepustakaan dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam pengkajiannya. Selain itu, untuk membantu memahami keterkaitan daribeberapa aspek yang terdapat dalam ritual itu, maka penulisan tesis ini melibatkan dan menggunakan bidang kajian ilmu sosial dan budaya.

 File Digital: 1

Shelf
 T10508- Zeffry.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T10508
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : 125 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T10508 15-18-290203522 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78922