:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SLTP Negeri di Jabotabek (pendekatan educational input-output model)

Imam Sutadji; Surya Dharma, supervisor; Azhar Kasim, examiner; Ace Suryadi, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SLTP kelas 3 di beberapa sekolah di Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bekasi. Penelitian ini mengkaji kontribusi beberapa variabel input terhadap variabel output sekolah yang secara teori digunakan sebagai proxy dari kualitas pendidikan.
Unit Analisis penelitian adalah prestasi belajar individuil siswa untuk matematika dan Bahasa Indonesia dengan karakteristiknya. Penelitian ini melibatkan 365 siswa, 48 guru matematika dan Bahasa Indonesia serta 24 Kepala Sekolah yang berasal dan 6 SLTPN Jakarta Selatan, 6 SLTPN di daerah Bogor, 6 SLTPN di daerah Tangerang dan. 6 SLTPN di daerah Bekasi. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarluaskan kepada siswa, guru dan Kepala Sekolah. Prestasi belajar siswa kelas 3 untuk matematika dan Bahasa Indonesia yang dijadikan variabel independen dalam penelitian ini menggunakan angka rapor siswa yang dikumpulkan dari kuesioner untuk masing-masing siswa.
Analisis yang digunakan dalam menjawab pertanyaan penelitian ini adalah multiple regression analysis (analisis regresi ganda) dengan metode stepwise. Koefisien determinasi (R2) digunakan untuk menjelaskan besarnya kontribusi sekelompok variabel yang dimasukkan dalam model regresi. F-test digunakan untuk menguji tingkat signifikansi model regresi yang digunakan. Perubahan R2 digunakan untuk melihat varian yang dijelaskan oleh setiap variabel yang masuk dalam model regresi secara bertahap. Untuk mengetahui besarnya hubtmgan antara prediktor variabel dan dependent variable, angka korelasi, r, pada tingkat signifikansi p 0.05 dengan uj i t-test.
Analisis dilakukan baik pada tingkat keseluruhan sampel maupun pada kategori sekolah baik dan sekolah kurang. Pada keseluruhan sampel melibatkan 365 murid sebagai unit analisis, sedangkan pada tingkat sekolah baik dan kurang melibatkan masing-masing 91 dan 274 siswa SLTPN.
Penelitian inn menemukan bahwa NEM sekolah dasar sebagai indikator output pada jenjang pendidikan sebelurnnya mempunyai pengaruh yang kuat dan konsisten terhadap prestasi belajar matematika dan Bahasa Indonesia siswa kelas 3 SLTPN. Indikator karakteristik guru seperti pendidikan guru, training yang pernah diikuti guru dan pengalaman guru, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa untuk matematika dan Bahasa Indonesia. Pengalaman kerja Kepala Sekolah sebagai salah satu karakteristik Kepala Sekolah narnpaknya tidak konsisten memberikan pengaruh kepada prestasi siswa untuk matematika dan Bahasa Indonesia.

 File Digital: 1

Shelf
 T7992-Imam Sutadji.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 128 pages : 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-300393266 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79077