:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan keluarga sejahtera dalam meningkatkan ketahanan nasional : Studi kasus keluarga kejahtera di Kota Administratif Depok

Surjetty S. Juzak; M. Djuhari Wirakartakusumah, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini adalah hasil penelitian dengan judul "Peranan Keluarga Sejahtera dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional", Studi Kasus Keluarga Sejahtera di Kota Administratif Depok, Kelurahan Kemiri Muka.


Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mempelajari Keluarga Sejahtera dan pengaruhnya terhadap Ketahanan Nasional, Pelaksanaan Program, manfaatnya terhadap Ketahanan Keluarga, dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Ketahanan Keluarga yaitu kesejahteraan dan keamanan.


Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan salah satu jenis metode penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak proporsional terhadap 3742 Kepala Keluarga di Kelurahan Kemiri Muka, kecuali Tahap Pra Keluarga Sejahtera diambil seluruhnya karena jumlahnya sedikit sekali, sehingga keluarga yang terpilih sebanyak 110 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan manggunakan angket, wawancara mendalam, data yang kembali 100 responden. Disamping data primer juga digunakan data sekunder dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), walikota Depok, Kecamatan Beji dan Kelurahan Kemiri Muka. Data tersebut diolah, dianalisa dan dilakukan pengujian dengan tabulasi silang.


Dari hasil penelitian diketahui bahwa Keluarga Sejahtera yang dilaksanakan oleh BKKBN meliputi:

1. Kegiatan Lintas Sektoral Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Keluarga.

2. Gerakan Pembangunan Keluarga Sejahtera Dalam Rangka Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan.


3. Pembentukan dan pengembangan kelompok-kelompok kegiatan sebagai wahana pembinaan Ketahanan Keluarga.

4. Peningkatan Pemahaman Masyarakat terhadap indikator dan kriteria Keluarga Sejahtera serta Fungsi Keluarga.


Secara nasional Keluarga Sejahtera berpengaruh terhadap Ketahanan Ekonomi yaitu pada peningkatan kemandirian keluarga yang dibentuk dan dikembangkan sejalan dengan peningkatan ketahanan keluarga, baik dalam bidang sosial ekonomi maupun sosial budaya dan agama, dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dengan berusaha memperkecil jumlah keluarga tahap Pra KS dan KS I. Dalam hal ini Ketahanan Ekonomi diharapkan dapat menunjang aspek-aspek kehidupan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung seperti: ketahanan ideologi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan serta geografi, sumber daya alam, dan penduduk sehingga dapat berpengaruh terhadap Ketahanan Nasional.


Keluarga Sejahtera juga bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan keamanan atau Ketahanan Keluarga. Selanjutnya Ketahanan Keluarga khususnya rasa aman akan berpengaruh pada Ketahanan Lingkungan, Ketahanan Masyarakat dan akhirnya dapat berpengaruh terhadap Ketahanan Nasional.

 File Digital: 1

Shelf
 T3381-Surjetty S. Juzak.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 185 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79542