:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor - faktor yang berhubungan dengan motivasi kerja perawat di paviliun khusus swasta RSUPN. Dr. Cipto Mengunkusumo Jakarta

Mas Soemardjono Djajoesman; Purnawan Junadi, supervisor (Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

RSCM sebagai suatu rumah sakit rujukan tertinggi Nasional, harus memiliki peralatan kedokteran yang canggih dan lengkap. Untuk membeli alat kedokteran canggih tersebut dibutuhkan biaya yang tinggi. Demikian pula untuk biaya pemeliharaannya. Mengingat kesanggupan pemerintah untuk menyediakan anggaran sangat terbatas, maka dilakukan terobosan untuk mendapatkan dana dengan cara menswastakan sebagian tempat tidur RSCM, yaitu dengan mendirikan Paviliun Khusus Swasta (PKS).
Tarif yang berlaku di PKS adalah tarif yang jauh lebih mahal daripada tarif yang umum berlaku di ruang perawatan RSCM yang lain. Oleh karena itu wajar bila para pasien PKS lebih menuntut untuk memperoleh pelayanan yang lebih tinggi mutunya daripada dirawat di ruang perawatan RSCM yang lain. Maka PKS harus memiliki perawat yang lebih cekatan, lebih ramah tamah, dan lebih terampil daripada perawat yang ada di bagian RSCM yang lain, agar menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi memenuhi harapan pasien dan harapan pihak manajemen PKS. Motivasi merupakan unsur penting untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi karena produktivitas adalah perkalian antara kemampuan dan motivasi.
Peneliti ingin mendapat gambaran motivasi kerja perawat PKS. Selain itu peneliti ingin mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan motivasi kerja. Dari teori motivasi Herzberg, terungkap bahwa motivasi kerja berhubungan dengan faktor motivasi dan faktor hygiene. Selain itu motivasi juga berhubungan dengan karakteristik individu.
Metode penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif analitik, dengan rancangan krosseksional, dengan lokasi penelitian di, ruang rawat inap PKS mulai dari pelaksana perawatan sampai dengan pengelola keperawatan. Variabel yang diteliti mengenai karakteristik individu, faktor motivator, dan faktor hygiene. Data penelitian diperoleh dengan membagikan daftar pertanyaan terstruktur. Data yang diperoleh diolah dan kemudian diuji dengan uji stalistik Non Parametrik (koefisien korelasi C, G, O.).
Hasil pengujian didapatkan adanya hubungan antara motivasi kerja dengan sembilan dari tiga belas variabel yang diteliti. Variabel yang terbukti berhubungan dengan motivasi kerja adalah : Umur, pendidikan dasar profesi, masa kerja, penilaian atas prestasi kerja, penghargaan, kebijaksanaan organisasi, fasilitas kerja, lingkungan kerja dan status pekerjaan.
Diharapkan dari hasil penelitian ini, pimpinan PKS dapat melakukan usaha untuk meningkatkan motivasi kerja perawat PKS dengan mengetrapkan hal -hal yang telah terbukti pada penelitian ini.

Factors Related To Work Motivation In Private Special Pavillion ( PKS )
Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta
Cipto Mangunkusumo hospital, the national top refferal hospital, should be equipped with complete and sophishicated medical instruments. To purchase nor maintain those sophishicated instrument a huge sum of money is needed. ue to the limited ability of the government to provide enough fund, a break through was done, by creating Private Special Pavillion (PKS ).
The tariff of PKS is far higher than general tariff of Cipto hospital. That is why naturally the customer demands high quality of service. For this reason PKS should have nurses who are quicker, more friendly, and more expert than nurses of the other department of Cipto hospital, to produce high job productivity to fullfili the expectation of its patients and PKS management. Motivation is an important element to produce high productivity, because productivity is the result of multiplication of ability times motivation.
The author intends to know the description of PKS nurses's work motivation. Also the author wants to know factors related to work motivation. Based on Herzberg motivation theory it is known that motivation is related to 'motivator factor and hygienic factor. Beside that motivation is also related to individual characteristic.
The method used in this study is analitical description study, by implementing cross sectional method, places of study are wards of PKS, the object of this study : All ward nurses of PKS. Variabel in this study are : Individual characteristics, motivator factors and hygienic factors. Data is obtained by distributing written and structured questionnaires. The obtained data is processed and tested with Non parametric statistical test ( correlation keefisient C, G10 ).
The result of this study : There is relationship between work motivation and 9 out of 13 studied variables. They are : Age, profesional basic education, length of service, performance evaluation, appreciation, company policy, work facility, work environment and job status.
The PKS Management is expected to take action to improve the work motivation of its nurses by implementation of .the result of this study.

 File Digital: 1

Shelf
 T 1471-Faktor-faktor.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T1471
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1996
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T1471 15-17-922011407 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79681