:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perbandingan hasil identifikasi spesies candida berdasarkan morfologi dan uji fisiologi

Mulyati; Jan Susilo, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Candida merupakan genus jamur yang saring menginfeksi organ tubuh manusia dan merupakan jamur oportunis. Akhir-akhir ini sering dilaporkan adanya penurunan efektifitas obat golongan azol terhadap beberapa spesies Candida sehingga menyulitkan dalam pengobatan kandidosis. Walaupun di Indonesia belum pernah dilaporkan adanya resistensi terhadap obat golongan azol, akan tetapi untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya resistensi, maka perlu peningkatan diagnosis laboratorium hingga spesies secara dini. Umumnya metoda identifikasi ditujukan khusus untuk mengidentifikasi spesies C. albicans, karena spesies ini terbanyak ditemukan sebagai penyebab kandidosis serta metoda yang digunakan adalah metoda morfologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan apakah metoda identifikasi berdasarkan morfologi memberikan hasil yang sama dengan metoda berdasarkan fisiologi yaitu uji fermentasi dan asimilasi karbohidrat.
Bahan yang digunakan dalam penelitian adalah 132 isolat Candida yang berasal dari bahan klinik tersangka penderita kandidosis. Isolat kemudian dimurnikan dengan membiak Ulang ke dalam medium baru agar Sabouraud dekstrosa dan setelah koloni berumur 2 hari kemudian dilakukan pembiakan kedalam medium putih telur, agar tepung jagung dan medium cair Beret gula untuk melihat karakteristik morfologi dan fisiologi.
Hasil yang diperoleh dengan uji fermentasi dan asimilasi karbohidrat, memperlihatkan pola distribusi beberapa spesies Candida dengan jumlah yang berbeda yaitu C. albitan 68,18%, C. glabrata 12,12%, C. krusei 6,06%, C, tropicalls 3,79%, C. parapsilosis 3,03%, C. stellatoidea, C. guilliermodi dan Trichosporon cutaneum masing-masing 2,27% dari 132 isolat Candida. Metode morfologi yang digunakan untuk identifikasi spesies C. albicans/C.stellatoidea adalah uji pembentukan germ-tube dalam medium putih telur (uji GT) serta uji pembentukan klamidospora pada biakan agar tepung jagung Tween-BO (uji CMT). Pada uji GT isolat Candida yang berhasil membentuk germ-tube sebanyak 66 isolat {50%) sedangkan dengan uji CMT isolat yang berhasil membentuk klamidospora berjumlah 74 isolat (56,06%) dari 132 isolat. Dengan uji morfologi tidak dapat membedakan antara C. albicans dengan C. stellatoidea, karena kedua spesies ini mempunyai morfologi yang hampir same. Uji CMT selain digunakan untuk identifikasi spesies C.albir_ans/C.steIlatoidea, dapat pula mengidentifikasi spesies Candida yang lainnya dengan melihat susunan hifa semu yang spesifik. Dari 132 isolat yang dibiak dalam medium CMT, 21 isolat (15,9'/.) mempunyai susunan hifa semu yang tidak spesifik untuk spesies tertentu sehingga kesalahan identifikasi dapat terjadi dan 22 isolat atau 16,67% hanya membentuk blastospora, sehingga penentuan spesies tidak dapat dilakukan. Isolat-isolat ini kemudian dibiakan dalam medium cair deret gula dan spesies Candida yang tidak teridentifikasi dengan uji morfologi, ternyata dengan uji deret gula ini dapat ditentukan spesiesnya.
Perbandingan hasil identifikasi antara biakan CMT dengan uji deret gula memberikan perbedaan yang sangat bermakna dengan rumus McNemar (X2= 11,25; P < 0,05 untuk uji fermentasi dan X2 = 16,06; P < 0,05 untuk uji asimilasi karbohidrat). Demikian pula perbandingan hasil identifikasi antara uji GT dengan uji deret gula memberikan perbedaan yang sangat bermakna (x2 = 18,89; p < 0,05 untuk uji fermentasi dan x2 = 24,04; p < 0,05 untuk uji asimilasi). Ini membuktikan bahwa spesies Candida yang berhasil diidentifikasi dengan uji deret gula tidak semuanya dapat diidentifikasi dengan uji morfologi (uji GT dan CMT). Berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Jumlah spesies Candida yang berhasil diidentifikasi dengan uji fermentasi adalah 88 isolat C. albicans dan 5 isolat C. stellatoidea, sedangkan dengan uji asimilasi berhasil diidentifikasi 90 isolat C. albicans dan 3 isolat C. stellatoidea. berarti dengan uji fermentasi ada 2 isolat C.albicans yang tidak teridentifikasi karena tidak dapat memfermentasi sukrosa, laktosa dan galaktosa sehingga dimasukkan ke dalam pola C. stellatoidea. Dari 90 isolat C. albicans yang terdeteksi dengan uji asimilasi ternyata mempunyai pola fermentasi yang berbeda-berbeda pada karbohidrat sukrosa. 27 isolat dengan fermentasi sukrosa (-), 2a isolat hanya terjadi perbbahan warna saja pada sukrosa atau 3(A) dan 35 isolat tidak terjadi fermentasi atau S(-). Perbedaan pola fermentasi ini kemungkinan disebabkan karena perbedaan sifat dari dari setiap strain C, albicans yaitu C. albicans tipe A dan tipe B.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metoda morfologi tidak dapat mendeteksi seiuruh spesies Candida serta tidak dapat membedakan antara C. albicans dengan C. steIlatoidea. Terdapat perbedaan hasil identifikasi antara uji fermentasi dan asimilasi karbohidrat (uji fisiologi) dengan uji GT dan CMT (uji morfologi).

Candida is an opportunistic fungus and can cause diseases in human body. At present it was reported that there is the decrease of effectivity of azole derivatives to some species of Candida. Though in Indonesia there is no report of resistency against Candida spp but it is necessary to anticipate by increasing laboratory diagnostic in order to make early species identification. In general the morphological identification method was aimed to identify C.albicans, due to its bigest role in causing the disease. The aim of this study is to compare weather morphological based identification method has the same result with physiological based method such as fermentation and assimilation of carbohydrate.
The materials used in this study were 132 isolates originated from clinical specimen from candidosis patients. The purification was done by inoculation onto fresh Sabourand dextrose agar and after 2 days was inoculated to white egg medium, corn meal agar and carbohydrate solution to get the morphological and physiological characteristic.
The distribution of Candida spp according to fermentation and assimilation test was 68,18% C.albicans, 12,12% C.glabrata, 6,06% C.krusei, 3,79% C.tropicalis, 2,27% C.= tel latoidea, 2,27% C.gui Ilier?mondi i and 2,27% Trichosporon cutaneum. The morphological tests used for identification of C.albican5/C.stellatoidea were germ-tube formation test in white egg medium and chlamidospare formation test in corn meal Tween-BO agar. Out of 132 isolates, 66(50%) produces germ--tube and 74(56,06%) produces chlamidaspare. Morphological test could not differ C.albicans and C.stelIatoidea. The formation of pseudo-hyphae in corn meal Tween-8O agar could be use to identify other Candida spp. From 132 isolates inoculated in the CMT medium, 21(15,9%) has no specific pseudo-hyphae formation that could result in misidentification and 22 isolates grows as blastospore which made the identification impossible. All those isolates were inoculated in sugars medium and can be identified.
The comparison between the result of CMT and fermentation test is highly significant (McNemar X2 = 11,25 and p<0,05) and also for assimilation test (McNemar x2 = 16,06 and p<0,05). The comparison between germ-tube formation test and fermentation test is highly significant (McNemar X2 = 1B,89 and p<0,05) whereas the comparison with assimilation test showed the same result (x2 = 24,04 and p<0,05). It was proven that sugar fermentation and assimilation test iliere better than morphological test. It means that the proposed hypothesis was accepted.
Using the fermentation test 80 isolates were identify as C.albicans whereas 5 were identify as C.stellatoidea. The result of assimilation test were as follows, 90 isolates identify as C.albicans and 3 isolates as G_stellatoidea. There are two isolates .in the fermentation test with could not be identify as C.albicans due to lack: of capability in fermenting sucrose, lactose and galactose, so they were included to C.stellatoidea. The assimilation test of the 90 isolates of C.albicans shows different pattern in the assimilation of sucrose. Twenty seven isolates were capable of sucrose fermentation, 28 shows color changes only and 35 isolates does not capable of fermenting sucrose. The differences here may be due to the serotype A and B of C.albicans.
It can be concluded that morphological based method could not detect all of the species of Carzdida and could not differ between C.albicans and C.stellatoidea. There are significance differences between morphological based test and physiological based test.

 File Digital: 1

Shelf
 T4628-Mulyati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-962945969 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80056