:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengendalian kualitas beton massa dengan kasus proyek pavilion park apartment Jakarta

Nono Dritanto M .T; Budi Susilo Soepandji, supervisor; Hario Sabrang, supervisor ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam era globalisasi di bidang industri konstruksi, khususnya di Indonesia ,para Kontraktor, Pemasok Perencana dan Manajer Konstruksi perlu segera meningkatkan kinerjanya agar tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain. Salah satu tuntutan kinerja hasil produk industri konstruksi yang perlu ditingkatkan adalah kualitas atau mutu.
Didalam tesis ini yang akan dibahas adalah pengendalian kualitas beton massa. Salah satu unsur terpenting yang merupakan kriteria pencapaian kualitas beton massa adalah tidak terjadi retak thermal. Retak thermal tersebut timbul sebagai akibat perbedaan temperatur panas hidrasi yang terjadi antara temperatur dipermukaan dan di dalam beton setelah pengecoran yang menimbulkan regangan tarik beton yang melebihi regangan tarik ijin beton. Untuk mencegah terjadinya retak thermal tersebut diatas diusulkan model manajemen konstruksi yaitu pengendalian kualitas beton massa dengan konsep konsistensi kriteria "Masukan - Proses - Keluaran" dimana kriteria desain yang merupakan "Masukan", ditetapkan sejak awal desain, yang kemudian ditetapkan dilapangan ("Proses") dengan pengawasan yang konsisten (taat asas), sehingga diharapkan hasil kualitas beton massa dapat dicapai secara optimal. Dalam kasus ini diasumsikan pelaksanaan pengecoran menerus sehingga dianggap tidak terjadi retak karena cold joint (retak pada hubungan beton lama dengan beton baru sebagai akibat pengecoran yang terputus-putus/tidak menerus). Dengan menggunakan model tersebut diatas, maka unsur penting yang disyaratkan dalam rangka mencapai kualitas beton massa akan dapat dipenuhi.
Akhirnya diharapkan dari tesis ini didapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengendalian kualitas beton massa, yang pada saatnya akan dapat dipakai sebagai bahan acuan bagi Kontraktor, Pemasok, Perencana dan Manajer Konstruksi (MK) dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja.

 File Digital: 1

Shelf
 T1596-Nono Dritanto M T.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 44 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-333984424 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80159