:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis mobilitas status kegiatan dan lapangan pekerjaan tenaga kerja Indonesia periode 1973-1993 : Analisis data Sakerti'93

Radiah, Eka; Sulistinah I. Achmad, examiner; Aris Ananta, supervisor; M. Djuhari Wirakartakusumah, supervisor; Sri Harijati Hatmadji, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

Latar Belakang Masalah
Data SAKERTI'93 ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan data yang lain, yaitu antara lain memuat adanya data historis, seperti sejarah migrasi, sejarah pemakaian alat kontrasepsi, dan tidak ketinggalan adanya data sejarah ketenagakerjaan. Oleh karena penulis lebih tertarik dengan masalah-masalah ketenagakerjaan, akhirnya mencoba untuk menghubungkan antara data yang tersedia khususnya data Sakerti'93 ini dengan teori-teori ekonomi kependudukan dan ketenagakerjaan, sampai akhirnya lahir ide untuk melihat bagaimana keberhasilan pembangunan ekonomi di Indonesia selama 20 tahun yakni dari Th 1973 sampai dengan Th 1993 dengan menggunakan data Sakerti'93 ini. Hal ini sehubungan dengan telah dilaksanakannya pembangunan di Indonesia selama 25 tahun I (PJPT).
Seperti yang diamanatkan oleh GBHN, bahwa arah dan kebijaksanaan pembangunan adalah melanjutkan Pelita-pelita sebelumnya. Bahkan perlu ditingkatkan agar perbaikan taraf hidup dan kecerdasan yang mencerminkan meningkatnya kualitas manusia semakin nyata dapat dirasakan.
Dari Pelita I, pembangunan nasional secara terencana dan terarah telah memprioritaskan bidang ekonomi. Dengan pembangunan ekonomi diharapkan dapat tercipta pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, pembagian pendapatan yang lebih merata dan lapangan pekerjaan yang lebih luas. Dalam hal ini berarti menunjukkan akan terjadinya perubahan pada kondisi kehidupan yang serba kekurangan dan tidak memuaskan, menuju kepada kondisi kehidupan yang lebih baik dari segi material dan spritual dalam upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat.
Pada hakekatnya 'kegiatan pembangunan tersebut merupakan upaya pengelolaan atau pemanfaatan berbagai sumberdaya seperti modal, teknologi, sumberdaya alam dan sumberdaya manusia. Keempat faktor ini saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lain.

 File Digital: 1

Shelf
 T6128-Eka Radiah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxix, 536 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-273816425 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80164