:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Motivasi dan Gaya Hidup Penonton Tayangan Olah Raga di Kafe : studi kasus Acara Kumpul GP Mania TV7 Dalam Seri MotoGP di Kafe

Hendra Noor Saleh; Pinckey Triputra, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Program olahraga sangat digemari audiens, untuk itu stasiun TV harus menganggarkan miliaran rupiah untuk memperoleh hak siar program tayangan olahraga. TV7 adalah salah satunya dengan menayangkan acara MotoGP. Meskipun seri MotoGP dapat ditonton langsung di rumah, ada kecenderungan audiens urrtuk mendatangi kafe-kafe yang ada di beberapa kata besar di Indonesia yang secara sengaja menayangkan secara langsung siaran MotoGP bekerja sama dengan stasiun TV7.
Teori perilaku konsumen menyatakan motivasi muncul saat ada kebutuhan-kebutuhan fisiologis dan psikologis yang ingin dipuaskan oleh konsumen melalui pembelian dan mengkonsumsi produk (Solomon, 1994; Blackwell et.al , 2001). Motivasi dapat berasal dari dalam diri (intrinsik) dan dari luar (ekstrinsik) (Antonides, 1996). Pendekatan uses and gratifications tentang media menyatakan bahwa audiens bersifat aktif memilih media spesifik untuk memenuhi kebutuhannya dan kebutuhan tersebut dapat terpuaskan melalui penggunaan media maupun non-media (Katz, 1974).
Gaya hidup mempengaruhi perilaku seseorang dan akhirnya mempengaruhi pilihan konsumsinya (Kasali, 1998). Gaya hidup adalah faktor yang mempengaruhi motivasi individu di luar kepribadiannya dalam memenuhi keinginan dan minat mereka (Engel et.al, 1994). Pengukurannya melihat Aktivitas, Minat dan Opini (Blackwell eta!, 2001).
Penelitian ini menggali motivasi yang mempengaruhi keputusan untuk memilih menonton tayangan MotoGP di kafe, dan profil psikograf pengunjungnya. Penelitian dilakukan pada populasi pengunjung kafe pada acara kumpul GP Mania di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan. Sampel dipilih menggunakan two stage cluster sampling dan didapat 200 responden.
Hasil pengolahan data menunjukan motivasi pemuasan hobi, motivasi pertemanan dan motivasi bisnis bersama-sama secara signifikan mempengaruhi keputusan pemilihan kafe sebagai tempat menonton tayangan MotoGP. Motivasi pemuasan hobi merupakan motivasi yang paling mempengaruhi keputusan tersebut. Analisa cluster terhadap aktivitas, minat dan opini responden menghasilkan 4 segmen penonton. Segmentasi penonton ini berguna bagi stasiun TV untuk lebih fokus dalam membidik target audiensnya. Alat ukur motivasi yang diadopsi dari beberapa teori motivasi dapat dijadikan acuan bagi penelitian mengenai motivasi, namun demikian masih diperlukan pengkajian dan sampel yang lebih besar.

 File Digital: 1

Shelf
 T 13850-Motivasi dan gaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T13850
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13850 15-20-542722498 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80248