:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh persepsi kepemimpinan dan persepsi kecerdasan emosional pegawai terhadap persepsi knerja pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI = The influence of perception of leadership and employee emotional intelligence toward the secretariat general of the house of representatives of Republic Indonesia's employee performance

Hikmah; Agung Purwadi, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Sumber daya manusia sebagai aset utama dalam organisasi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam mewujudkan tujuan organisasi. Sumber daya manusia yang produktif dan memiliki kinerja baik akan dapat memberikan sumbangan yang besar bagi pencapaian tujuan organisasi.
Kinerja sebagai hasil dari upaya yang ditunjukkan oleh seorang pegawai haris terus dikembangkan dan diupayakan peningkatannya dengan memberikan peluang dan dukungan bagi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi peningkatannya.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai. Diantara faktor yang memiliki pengaruh terhadap kinerja tersebut adalah kepemimpinan dan kecerdasan emosional.
Kepemimpinan dalam hal ini adalah situasi kepemimpinan dalam sebuah unit kerja memiliki peranan sebagai faktor ekstemal yang dapat mendorong pegawai untuk menampilkan kinerja yang baik. Seorang pemimpin yang mampu membina hubungan yang baik dengan bawahannya dan memiliki pemahaman yang baik tentang posisi kekuasaan dan tugasnya akan dapat menciptakan situasi yang mendukung terwujudnya kinerja pegawai secara optimal.
Kecerdasan emosional merupakan faktor internal dari setiap individu. Dalam konteks pekerjaan Kecerdasan emosional dapat ditunjukkan melalui kemampuan seseorang untuk menyadari apa yang dia dan orang lain rasakan. Kesadaran ini selanjutnya akan mampu melahirkan bentuk kerjasama dan sinergi yang dapat meningkatkan kinerja organisasi secara lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari mengenai pengaruh kepemimpinan dan kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai sebagaimana dipersepsikan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI, khususnya pada Biro Administrasi dan Kepegawaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Populasi penelitian ini adalah pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI yang bertugas di lingkungan Biro Administrasi dan Kepegawaian dengan jumlah 310 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Pemilihan sampel dari populasi ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa daftar pertanyaan (kuesioner) yang dibagikan kepada responder dan didukung pula dengan pengamatan langsung di lapangan. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas data penelitian dilanjutkan dengan pengotahan dan analisa dengan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman Rank dan korelasi berganda.
Dari data terkumpul diperoleh hasil analisis :
1. Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara persepsi tentang kepemimpinan terhadap persepsi tentang kinerja pegawai, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar : 0,436.
2. Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara persepsi tentang kecerdasan emosional pegawai terhadap persepsi tentang kinerja pegawai, dengan nilai koefisien korelasi ( r) sebesar : 0,723.
3. Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara persepsi tentang kepemimpinan dan persepsi tentang kecerdasan emosional pegawai terhadap persepsi tentang kinerja pegawai, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,754.
Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel yang dipelajari dalam penelitian ini memiliki hubungan yang saling terkait.
Saran yang disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian yang diperoleh adalah :
1. Perlu adanya upaya peningkatan pola hubungan kepemimpinan yang sinergi antara atasan dengan para bawahannya. Mengingat peran pemimpin sebagai penggerak sumber daya manusia dalam organisasi sangat berpengaruh dalam mendorong peningkatan kinerja pegawai.
2. Perlu untuk terus dilakukan upaya peningkatan kecerdasan emosional pegawai melalui penciptaan situasi kerja yang memungkinkan para pegawai untuk dapat lebih menyadari dan mampu mengelola diri dan Iingkungannya agar dapat saling berinteraksi guna mencapai kinerja organisasi yang lebih baik.
xiv + 103 halaman + 8 label + 1 gambar + 16 lampiran
Daftar Pustaka : 38 buku + 2 artikel + 1 Jumal

Human resources as the organization's major asset have a strong influence in realizing organization purposes. Productive and good performance of human resources will be a big contribution in achieving organization aim.
Performance as result of employee's activity has to be developed and improved by giving the big opportunity and support.
Many research showed there are many factors that influenced the employee performance. Some of the factors are leadership and emotional intelligence.
In this case, leadership become an external factor that support employee to give their best performance. A leader, who can maintain good relations with their staff, aware of their own power and responsibility, will be able to create a supportive situation for their employee to give their best performance.
Emotional intelligence is an internal factor for each person. Empathy can show us an emotional intelligence of person. This conscience will rise cooperation between employee and improve the performance of an organization.
This research intends to analyze the influence of leaderships and emotional intelligence toward employee performance at the Secretariat General of House of Representatives of Republic Indonesia, particularly in Bureau of Personnel and Administration. The method for this research is correlation descriptive method.
The populations of this research are employees of Bureau of Personnel and Administration of the Secretariat General of House of Representatives of Republic Indonesia. The amounts of populations are 310 persons with sample of 1 00 persons. This research using simple random sampling technique.
The research using questioner list and direct observation for collecting the data. After passed the validity and reliability test, the data has to be analyzing by using Spearman Rank and double correlations technique.
From the data analyze, there were some result as follows:
1. There was a significant positive influence between leaderships perception towards employee performance perception, with correlation coefficient value (r) : 0.436.
2. There was a significant positive influence between employee emotional intelligence perception towards employee performance perception, with correlation coefficient value (r) : 0.723.
3. There was a significant positive influence between leadership perception and employee emotional intelligence perception towards employee performance perception, with correlation coefficient value (r) : 0.754.
According this result, it is assumed that all variables in this research are related to one another.
Some suggestions are proposed relating to the results reflected in the research, among others:
1. The relations between leader and staff have to be improved. The leader of the organization is a motivator and has very important role in improving employee performance.
2. The establishing of working atmosphere will be able to improve employee emotional intelligence in attempting organization good performance.
xiv + 103 pages + 8 tables + 1 picture + 16 annexes
Bibliography: 38 books + 2 articles + 1 Journal

 File Digital: 9

Shelf
 T 13724-Pengaruh persepsi--Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Analisis.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Literatur.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Metodologi.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Lampiran.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi--Abstrak.pdf :: Unduh
 T 13724-Pengaruh persepsi-HA.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T13724
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 167 hlm; il., 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13724 15-19-542518631 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80276