:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis fertilitas di Indonesia : Pendekatan Proximate Determinant

Evi Nurvidya Anwar; Aris Ananta, supervisor; Sri Harijati Hatmadji, supervisor; Siti Oemijati Djajanegara, examiner; M. Djuhari Wirakartakusumah, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Dalam analisis determinan fertilitas ada dua jenis pengukuran yang dipakai sebagai variabel terikat, yaitu fertilitas kumulatif dan fertilitas current. Analisis fertilitas dengan menggunakan fertilitas kumulatif sebagai variabel terikat telah banyak dilakukan di Indonesia. Namun, pemakaian variabel ini dapat menyembunyikan suatu hubungan yang sebenarnya karena masalah urutan waktu kejadian antar variabel yang digunakan. Sedangkan analisis yang menggunakan fertilitas current bisa dipandang sebagai suatu hubungan kausal yang lebih baik. Sayangnya, analisis semacam ini masih jarang dilakukan.
Berkaitan dengan kedua jenis pengukuran tersebut terdapat dua kegiatan yang dilakukan dalam tesis ini, pertama studi pustaka mengenai analisis fertilitas dengan menggunakan fertilitas kumulatif. Studi ini dilakukan secara mendalam yang tidak terbatas pada analisis yang telah ada melainkan juga dengan analisis tambahan sehubungan tersedianya data yang Baru. Selain itu juga studi pustaka mengenai analisis fertilitas dengan fertilitas current yang jumlahmya terbatas.
Kegiatan kedua yaitu analisis determinan fertiiitas di Indonesia dengan menggunakan pendekatan proximate determinant yang dipengaruhi oleh variabel sosial ekonomi. Dalam pendekatan ini, proximate determinant merupakan variabel antara yang langsung berpengaruh terhadap fertilitas. Sedangkan variabel sosial ekonomi mempengaruhi fertilitas melalui dampaknya pada proximate determinant. Dalam hal ini fertilitas diukur sebagai fertilitas current.
Penelitian ini menggunakan data Survai Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1991, dan merupakan lanjutan dari penelitian yang dilakukan Ananta et al (1991). Dengan data yang tersedia memungkinkan beberapa modifikasi dapat dilakukan. Modifikasi tersebut terdapat pada model statistik, pengu-kuran proximate determinant dan pemilihan sampel yang dipakai.
Suatu rangkaian model statistik digunakan sehingga memungkinkan menganalisis dampak proximate determinant terhadap fertilitas dan dampak variabel sosial ekonomi pada proximate determinant. Serta model untuk menguji apakah variabel sosial ekonomi mempengaruhi fertilitas melalui proximate determinant yang dipakai atau tidak.

 File Digital: 1

Shelf
 T178-Evi Nurvidya Anwar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 197 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-787603150 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80338