:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh perididikan pemakai terhadap keterampilan menelusur informasi bagi mahasiswa pada UPT Perpustakaan Universitas Cenderawasih Jayapura Irian Jaya = The influence of user education to information retrieval skill to Cenderawasih University students at Cenderawasih University Library

Dumatubun, John B.; Siti Sumarningsih, supervisor; Prabowo Tjitropranoto, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mengungkapkan bahwa keterampilan menelusur informasi itu penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan mutu belajar dan penelitiannya; Strategi penelusuran informasi adalah salah satu mata ajaran yang diajarkan dalam Pendidikan Pemakai yang diselenggarakan di perpustakaan Universitas Cenderawasih, dimaksudkan agar pengikut kursus menjadi lebih terampil dalam mendayagunakan perpustakaan secara lebih baik, dan secara bersamaan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Universitas Cenderawasih.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mempelajari hubungan antara Pendidikan pemakai dengan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menelusuri informasi; (2) mempelajari kemampuan peserta pendidikan pemakai dibandingkan dengan yang bukan peserta dalam menelusuri informasi dengan menggunakan alat bantu telusur; dan (3) mempelajari perbedaan peningkatan pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusur informasi enters kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan sampel yang berjumlah 84 responden, yang diambil secara acak dari keempat fakultas yang ada, kedua kelompok yakni kelompok eksperimen den kelompok kontrol, diminta untuk mengikuti uji awal. Hasil uji awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kedua kelompok tersebut ternyata hampir sama (signifikan). Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengetahuan awal antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p = 0,05)
Sesudah itu kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pemberian kursus pemakai. Sesudah itu kedua kelompok itu diundang kembali untuk diuji. Dengan menggunakan uji tpada taraf signifikansi 0,05 dengan dk=82 maka secara statistik disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan perpustakaan dan keterampilan menelusuri informasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang berarti bahwa hipotesis yang dibuat, diterima. Dengan membandingkan hasil yang dibuat oleh kedua kelompok itu pada setiap tingkatan dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh yang sangat besar dari kursus pemakai ini dalam mengubah pengetahuan dan keterampilan menelusur informasi di perpustakaan.
Dengan didasarkan pada hasil penelitian itu diusulkan kepada Rektor untuk kemungkinan kursus ini diajarkan kepada seluruh mahasiswa baru selama masa perkenalan kampus dan agar dipertimbangkan juga agar kursus pemakai ini dapat menjadi salah satu mata kuliah dalam kurikulum muatan lokal untuk diajarkan pada setiap jenjang pada pendidikan Strata I di lingkungan Universitas Cenderawasih.

ABSTRACT
The aims of the research is to study the effect of the knowledge and skills on literature retrieval of the students attended user education conducted by librarians of the university.
The objectives of the research are to study (1). the relationship between user education and skills of information retrieval; (2) the difference of ability of information retrieval skill in library shown by participants of the user education. (3)the increase of knowledge and skill in information retrieval shown by students attended user education as compared to non participants of user education.
The method used in this research was experimental method. The respondents were the Cenderawasih University students of the first semester of four faculties, in the academic year of 1995/1996. The result of the pretest shown that, the score of both groups were similar which means that knowledge of the participants were not significantly difference (p=0,05).
Both groups were invited to join the course, but they were treated differently. The experiment group got three times meeting, while the other group got only once. Each meeting consisted of 120 minutes. Then, both groups were invited again to join the posttest. Using the t test at 0.05 significance level, the results of this study statistically showed that: they were totally difference between experimental group and the control one. Thus, it proved that the course had a great influence in developing the skills of information retrieval in the library.
Based on the result of the research it is suggested to the Rector of Cenderawasih University to consider the possibility for all new students to undertake that Library users education during the orientation period before starting classes and to consider course be accepted as one of the local curriculum of university lecture at undergraduate program (S1) curriculum at Cenderawasih University.

 File Digital: 1

Shelf
 T1289-John B Dumatubun.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 123 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-387932244 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80509