:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-Faktor penyebab keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati Surakarta

Satimin Hadiwidjaja; Suprijanto Rijadi, supervisor (Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Banyak faktor yang ikut menentukan citra dari suatu rumah sakit; salah satu diantaranya ditentukan atas mutu dari asuhan keperawatannya. Pelaksana asuhan keperawatan kepada penderita terutama dilakukan oleh perawat. Perawat yang berkualitas dengan jumlah yang cukup mempunyai andil dalam menciptakan mutu asuhan keperawatan yang baik kepada penderita.
Masalah yang dihadapi oleh administratur RSU Islam Kustati Surakarta bukan hanya terbatas didalam memperoleh perawat yang berkualitas saja, tetapi leblh dari itu untuk mempertahankan perawat yang telah ada pun mengalami kesulitan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner, yang merupakan studi kasus di RSU Islam Kustati Surakarta dengan maksud untuk menganalisis faktor-faktor penyebab keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah bahwa keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati Surakarta dipengaruhi oleh karakteristik perawat sendi.ri serta banyak variabel.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa atribut dalam karakteristik perawat serta budaya masyarakat Jawa mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati Surakarta. Atribut dalam karakteristik perawat dan variabel bebas tersebut dibawah ini mempunyai pengaruh terhadap keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati Surakarta.
Atribut umur, jumlah anak, golongan/ruang gaji, jarak rumah-rumah sakit adalah atribut dalam karakteristik perawat yang mempunyai pengaruh bermakna terhadap keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati.
Variabel kepuasan gaji, variabel kepuasan jaminan hari tua, variabel kepuasan lingkungan kerja dan variabel kepuasan status PNS/PPB adalah variabel bebas yang mempunyai pengaruh bermakna terhadap keluarnya perawat dari RSU Islam Kustati.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan ialah :
1. Untuk Departemen Kesehatan.
- Menambah jumlah peserta didik di SPK maupun AKPER.
- Memberikan kemudahan kepada pihak swasta yang ingin berpartisipasi dalam pendidikan keperawatan.
2. Untuk Administratur RSU Islam Kustati Surakarta.
- Memberikan asuransi jaminan hari tua kepada karyawannya.
- Memberi gaji karyawan yang lebih besar daripada gaji pegawai negeri pada tingkat yang sama.

ABSTRACT
Causative Factors of Nurse-Discharge level in The Kustati General Islamic Hospital of SurakartaOne of many factors involve in determining a hospital reputation is the quality of nursing care, which mostly done by nurses. The good quality and sufficient number of nurses have a sharing contribution in the achievement of the quality level nursing.
Problem faced by Kustati General Islamic Hospital Administration is not only limited to the enrollment of qualified nurses, but also the maintenance of the employed nurses.
The purpose of this descriptive case study was to analyze factors caused nurses discharge in the Kustati General Islamic Hospital.
The study indicated that the level of nurse-discharge in the hospital, influenced by may factors including nurse- characteristic attributes.
It is concluded that the nurse-characteristic attributes and Javanese culture have great influence.
- The following nurse-characteristic attributes, namely age, number of children, salary rank and scale, distance of lively place had significance influence to the nurse discharge level.
- The other significance factors were salary satisfactions, pension welfare satisfactions, work-environment satisfactions and PNSTPPB employment status satisfactions.
Based on the above result, the following recommendations are addressed to :
1. Health Department
- To increase the number of the enrolled students in the Nursing School and or Academy
- To gave more chances of the Private Sector participation and contribution in Nursing Academy
2. Kustati General Islamic Hospital Administrator
- To establish the pension welfare insurance in the present salary scale scheme.
- To increase the amount of the present employee salary scale, higher than the civil employee salary scale at the same rank.

 File Digital: 1

Shelf
 T2709-Satimin Hadiwidjaja.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1995
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-468577775 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80754