ABSTRAKSebagai pemikiran, perhatian para environmentalis terhadap masalah lingkungan telah sampai kepada akar permasalahaanya, yaitu masalah lingkungan sosial. Lebih Bari ita, telah menunjukkan adanya kecenderungan yang mengarah kepada penggunaan nilai-nilai agama dalam pengelolaan lingkungan. Namun demikian, pelaksanaan pengelolaan lingkungan analisanya belum sebagaimana pemikiran yang harus dijadikan landasannya.Permasalahannya adalah terletak pada perumusan tentang kualitas lingkungan sosialnya. Hal apanya yang dinilai, mengapa hal itu yang dinilai dan apa-apa raja indikator-indikatornya di dalam mengukur kualitas lingkungan sosial tersebut.Tesis ini bertujuan untuk nenjawab permasalahan di atas berdasarkan Mushehaf al-Qur?an. Yaitu peranan konsep lingkungan sosial menurut Mushchaf al-Qur?an, menganalisis ke dalan unsur-unsurnya, dan menentukan indikator indikator kualitas untuk masing-masing umurnya dalam garis-garis besar.Dengan menggunakan metode penelitian yang dalam tradisi Tafsir Mushaf al-Qur?an dikenal sebagai Metode Tafsir Mawdhuw', di dalam penelitian ini adalah menghapalkan dan menafsirkan keseluruhan ayat-ayat Mushaf al-Qur'an yang mengandung konsep ash-Shiraath secara sistematis. Diperoleh kesimpulan sebagai berikut:1. Secara konseptual, lingkungan sosial berdasarkan Muahchaf a1-Qur'an adalah interaksi refleksi indikator berbagai hubungan antar bermacam-macam setting pola kelakuan spiritual dan berbagai tingkatan kadar spiritual individu atau kelompok individu yang ada di dalam masyarakat dalam hubungannya dengan Surat al Fathihah sebagai deklarasi kosmopalitanisme.2. Unsur-unsur dari sudut keragaman pola kelakuan spiritualnya terdapat tiga setting pola kelakuan: (1) Setting pola kelakuan Iymaan, (2) Setting pola kelakuan kufawr, dan (3) Setting kelakuan an-Naas.3. Unsur-unsur dari sudut keragaman kadar spiritualnya terdiri atas: (1) as-Sufahaa'u min an Naas, (2) al-Mu'tashimuwn dan al-kuffaar, (3) al-Mutawakkiluwn dan al-Mukadzdzibuwn, (4) al-Mutara'bbishuwn dan an-Naakibuwn, (5) al-Mu' allas dan al-Jachiym, (6 ) al-Muchay, dan (7) al-Maasyi.4. Indikator-indikator pola kelakuan spiritual adalah: (1) Iqaamahtan, (2) Infaaqan (3) Mu?manan-, (4) syi'aaran-, dan (5) 'ilman-. 5. Indikator-indikator kadar-kadar spiritual tingkat:(1) al-Mu'tashimuwn dan al-Kuffaar adalah relasi-relasi sosial al-Muwallaa1-Qaabil, almachkuwmu 1-Mukhtalif, dan al-Murabbabu 1-'Aabid. (2) al-Mutawakkiluwn dan al-Mukadsdsibuwn adalah relasi-relasi sosial al-Nu'takhids dan asy-Syaakir. (3) al-Nutarabbishuwn dan an-Naakibuwn adalah relasi-relasi soaial al-Muttabi'uwn dan al-Mukhbit. (4) al-Mu' allam dan al-Jachiym adalah relasi-relasi social ar-Raa'iyn, al-Mubahiruwn, dan al-Chaakimu 1-Chaqq. (5) al-Muchay adalah relasi-relasi social al-Mustaamsik dan an-Nuwr. (6) al-Maasyi adalah relasi-relasi sosial al-.Mukibb dan as-Sawiyy.6. Secara operasional, lingkungan sosial berdasarkan Mushchaf al-Qur' an adalah interaksi refleksi indikatif berbagai hubungan antar tingkatan kadar Iman, antar tingkatan kadar Kufuwr, den antar an-naas secara sendiri-sendiri serta antara pola kelakuan Iymaan dengan pola kelakuan kufuwr, antara pola kelakuan Iymaan dengan kelakuan an-Naas dan antara pola kelakuan kufuwr dengan kelakuan an-Nass baik secara sendiri-sendiri maupun secara kolektif ketentuannya.Daftar Kepustakaan: 40(1977-1993) As reflection , the interest of environmentalists in environmental problems have come to the roots of the issue. More than that there are indications of a trend to use religious values in environmental management. Even so , the application of the social environmental management nott yet in accor dance with reflection which ought to become i ts foundations.The problems r emain on def ining the social environmental quality. What has to be assessed and why is it that these are particul&rly that need assessment, and what are their indicators in measuring the social environmental quality.This thesis has objective to answer the above problems based on Mushchaf al-Quraan. These aEe defining social environment concept according to Mushchaf al Quran analising it into its components, and find ing quality indicators for each components globally.By using research method which in the tradition of Tatsir Mushchaf al-Quraan is called the method of tafsir Mawdhuw', in this research it is to collect all verses .of the Qu.raan in which ayaht-ayaht Mushchaf al-Quraan are found, namely those containing the concept of ashshiraath systematically. The following conclusions were found :1. Conceptually, Social environment based on Mushchaf is- an interaction of reflection which gives indication of all relationships among spiritual behavioral patterns and various levels of behavior of an individual or group. in a society in relation to Suwraht al-Faatichaht as a cosmopolitan declaration.2. The components of the apiritual behavioral patterns' variables include three spiritual behavioral patters' sets : (1) Iymaan behavioral patterns' set, (2) Ku. fuwr behavioral patters set, and ( 3) an-Naa.s: behavioral entity.3. The components of the varied spiritual intensity are : ( 1) as-Su£ahaa'u min an-Naas., (2) al-Mu'tashim and al-Kuffaar, al-Mutawakkil and al-Mukadzdzib, (4) al-Mutarabbish and. an-Naakib, (5) al-Mu'allam and aJ.-Jachiym, (6) al-Muchay, and (7) al-Maasyi.4. The indicator of the spiritual behavioral patterns are : (1) Iqaamaht, (2) Infaaq, (3) Mu'man, (4) Syi' aar, and (5) 'Ilm. 5. The indicators of the spiritual intensity levels of components at level : (1) al-Mu'tashim and al-Kuffaar are the social relations of al-Muwalla 1-Qaabil, al-Machkumu Al-Mukhtali. t' and al-Murabbabu 1-' Aabid. (2) al-Mutawakkil and al-Mukadzdzib are the social relations of al-Mu'takhidz and aay-Syaakir. (3) al-Mutarabbish and an-Naakib are the social relations of al-Muttabi and al-Mukhbit. ( 4) al-Mu' all am and al-J achiym are the social relations of ar-Raa' , al-Mu bshir, and al-Chaakimu Al-Chaqq (5) al-Muchay are the social relations of al-Mustamsik and an-Nuwr. (6) al-Maasy are the social relations of al-Mukibb and aa-Sawiyy.6. Operationally, social environment based on Muahchaf al-Qur'aan is the interaction of indicative reflection of various interelationships between Iymaan intensity level, between Kufuwr intensity level, and among an-Naas respectively and between Iymaan behavioral patterns' sets and Kufuwr behavioral patterns' sets, between Iymaan behavioral patterns sets and intensity of an-Naas, and between Kufuwr behavioral patterns sets and intensity of an-Naas both individually as well as collectivly. |