:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh opacifier dan pigmen terhadap sifat opus glasir silikat

Mulyatno; Na, Peng Bo, co-promotor; Parangtopo Sutokusumo, examiner; Bambang Soegijono, examiner; Darmadi Kusno, examiner; Mussadiq Musbach, examiner ([Publisher not identified] , 1994)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam penelitian ini diteliti pengaruh opacifier dan pigmen di dalam glasir silikat terhadap sifat optis glasir silikat. Selain itu diteliti pula pengaruh kekentalan adonan glasir, pengaruh waktu sintering, dan pengaruh sintering ulang terhadap sifat optis glasir.

Opacifier yang dipergunakan di dalam penelitian adalah ZrSiO4, dan pigmen yang dipergunakan adalah pigmen pink (yang mengandung sistem AI-Zn-Cr-Co) dan pigmen hijau (yang mengandung sistem Al-Cr-Co). Sifat optis yang diukur adalah reflektansi glasir, dan pengukurannya menggunakan spektrofotometer yang ada di Jurusan Fisika FMIPA UI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga reflektansi glasir bertambah secara eksponensial terhadap penambahan konsentrasi opacifier. Pemberian pigmen pada glasir menyebabkan adanya variasi absorpsi pada daerah spektrum cahaya. Warna karakteristik yang terjadi pada glasir disebabkan adanya pusat-pusat absorpsi dan pusat-pusat refleksi. Penambahan konsentrasi pigmen memperbesar fraksi absorpsi pada pusat-pusat absorpsi dan menyebabkan sedikit pergeseran pusat-pusat absorpsi. Pada daerah di luar pusat absorpsi juga terjadi absorpsi lemah. Warna yang dihasilkan karena penambahan pigmen akan semakin tua dan kurang cemerlang.

Pada penelitian ini juga dicari hubungan antara fungsi KubeIka-Munk, yaitu log(K/S), dengan konsentrasi pigmen di dalam glasir (C). Hasil perhitungan menunjukkan ketidaklinearan hubungan antara log(K/S) dengan C yang menunjukkan ketidaksesuaian dengan hukum Lambert-Beer.

Dari hasil eksperimen didapatkan bahwa sifat reflektansi glasir juga dipengaruhi oleh kekentalan adonan glasir dan waktu sinteringnya. Dari hasil eksperimen juga dapat dibuat spesifikasi warna berdasarkan metode silinder warna.

 File Digital: 1

Shelf
 T4186-Mulyatno.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1994
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 78 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81375