:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengalaman penggunaan Narkoba: studi kasus narapidana "X" kasus Narkoba di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Jakarta Pusat

Aris Triyanto; Tb. Ronny Rahman Nitibaskara, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Masalah penyalahgunaan narkoba merupakan masalah yang dihadapi oleh pemerintah. Karena perkembangan penyalahgunaan narkoba semakin meningkat dibutuhkan suatu perangkat hukum yang keras guna mengantisipasi meningkatnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Namun keadaan ini tetap tidak mampu menghentikan orang-orang yang sudah terlebih dahulu berkecimpung dengan bisnis haram tersebut. Baik pengguna maupun pengedamya tidak henti-hentinya mencari cara dan upaya untuk dapat tetap melakukan perbuatan yang melanggar hukum tersebut. Dengan demikian perlu untuk dibicarakan, mengapa para pelakunya masih mengulangi perbuatannya. Dalam hal ini tentu ada berbagai proses yang mendorong pelaku untuk melakukan perbuatan tersebut.
Penelitian ini berupaya untuk mencari bagaimana proses seseorang sehingga terdorong untuk menjadi penyalahguna narkoba sehingga terjadi perbuatan melanggar hukum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh-pengaruh dari Iingkungan yang mendorong melakukan penyimpangan. Di Iingkungan tempat tinggal informan diketahui memberi pengaruh kepada perbuatan penyimpangan. Kemudian di Iingkungan penjara juga terdapat budaya kriminal yang bisa menjadikan orang yang masuk ke dalamnya menjadi lebih Jabal, karena bergaul dengan penjahat tangguh.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14040-Pengalaman penggunaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14040
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 137 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14040 15-20-039571584 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81557