:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan penerapan learning organization dengan efektifitas organisasi pada badan penelitian dan pengembangan hak asasi manusia = The relationship between implementation of learning organization with the organization effectiveness on research bureau and HAM development

Agus Rawan; Azhar Kasim, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Penelitian tentang Hubungan penerapan Learning Organization dengan Efektifitas Organisasi pada Badan Penelitian dan Pengembangan HAM, ini dilakukan dengan dilatar belakangi bahwa Badan Litbang HAM sebagai unit eselon I bans dilingkungan Departemen Kehakiman dan HAM serta apakah dalam penerapan Learning telah membawa dampak yang sangat positif terhadap pencapaian Efektifitas organisasi sehingga pada gilirannya akan tercapainya visi dan misi Badan Litbang HAM secara tepat. Disamping hal tersebut untuk melihat sejauhmana Learning Organization (organisasi pembelajaran) yang diterapkan hubungannya dengan Efektifitas organisasi pada Badan Litbang HAM serta untuk melihat dominasi setiap faktor, disamping mencari bagaimana alternatif strategi yang dapat di ambil sebagai solusi untuk melakukan perbaikan berdasarkan fakta yang ada. Sehingga tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran organisasi telah dilakukan, serta untuk mengetahui serta menguji tingkat efektifitas organisasi disamping untuk menjelaskan hubungan penerapan Learning Organization dengan efektivitas organisasi pada Badan Litbang HAM.
Landasan teori yang dipergunakan dalam penelitian lebih banyak mengambil teoriteori manajemen khususnya yang berkaitan dengan organisasi pembelajaran dan Efektifitas organisasi. Organisasi pembelajaran dergan variabel visi bersama, keahlian pribadi, model mental, pembelajaran tim serta berpikir sistem selain dilihat bagaimana hubungannya antar masing-masing variabel dengan efektivitas organisasi juga dilihat bagaimana hubungannya secara bersama-sama dengan efektivitas organisasi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan deskritif dan eklanasi yang dibuat secara metris dengan alat ukur skala likert dalam bentuk check list. agar pertanyaan mengukur yang seharusnya diukur maka dilakukan uji Validitas dan uji Rehabilitas karena data nominal maka menguji hipotesis menggunakan statistik non parametris, dan dibantu program komputer untuk melihat hubungan antar variabel independent dengan variabel dependent digunakan tehnik korelasi Spearman serta hubungan variabel independent secara bersama-sama dengan variabel dependent dilihat dengan pendekatan regresi melalui uji F dan uji T untuk melihat tingkat signifikannya.
Hasil penelitian dari penerapan hubungan Learning Organization (organisasi pembelajaran) dengan efektifitas organisasi pada Badan Litbang HAM dapat diperoleh hasil bahwa Variabel bebas yang memiliki hubungan signifikan dengan Efektifitas Organisasi adalah Visi bersama, Model Mental dan Berpikir Sistem, sedangkan untuk Pembelajaran Tim, keahlian pribadi tidak signifikan hal ini dapat dimengerti karena kemampuan keahlian staf dilingkungan Badan Litbang HAM berasal dari gabungan 7 departemen basil merger dan tenaga ahli peneliti masih sangat kurang sehingga dalam Pembelajaranpun belum ditemukan keterpaduan tetapi bila dilihat hubungan variabel independent secara bersama dengan variabel independent maka dengan porsial uji T diperoleh hasil bahwa pembelajaran Tim merupakan variabel yang tidak signifikan secara statistik, kondisi ini bisa diterima di karenakan staf di lingkungan Badan Litbang HAM masih mencari bentuk standar yang tepat dalam pembelajaran tim serta kurangnya tenaga peneliti disamping proses diskusi dan dialog belum begitu berjalan.
Dengan memperhatikan hasil penelitian tersebut, maka agar penerapan Learning Organization mempunyai hubungan yang signifikan dengan efektivitas organisasi perlu peningkatan keahlian pribadi staf di lingkungan Badan Litbang HAM melalui kursuskursus/pelatihan-pelatihan serta pendidikan. Dalam hal pembelajaran ini agar mampu mendorong mewujudkan efetivitas organisasi maka sangat diperlukan adanya dialog dan diskusi sebagai sarana pembelajaran dalam menghadapi permasalahan sehingga dapat mewujudkan efektivitas organisasi.

We do a research on the relationship between implementation of Learning Organization and Organization Effectiveness on HAM Research and development bureau, since this Research and Development bureau is a new Echelon I unit in Justice and HAM Department. And other reasons are to see whether implementation on learning organization will bring good impact on the organization effectiveness achievement, so vision and mission of HAM Research and Development bureau can be achieved accordingly; to see how far the relationship between Learning Organization that is implemented and the Organization Effectiveness on HAM Research and Development bureau; to see the domination of each factor; to find what kind of a good strategy alternative that we can use to make an improvement based on facts.
Our aim to make a research are to know how far Learning Organization process has been done, to find out and also to make an examination of Organization Effectiveness level, to make a clear explanation on the relationship of the Organization Learning Implementation and Organization Effectiveness on HAM Research and Development bureau.
Most of basic theory that we are used on this research is from Management Theories. Especially that have link with Learning Organization and Effectiveness Organization. Learning Organization has some variables, they are Unify Vision, Individual Skill, Mental Model, Learning Team, and Think Systematic. We can see how is the relationship between each variable and the Organization Effectiveness, also all variables together and the organization effectiveness.
We do this research by Descriptive and "Eklanasi" approaching that is made symmetric by measurement tool "Scale Liker" in the form of Check List. To make every question can measure what it should be measured, we do a validation and rehabilitation examination. Since the data is in nominal, so to make the hypothesis examination we use Non-Parameter statistic and with the assistance of Computer program, to see the relationship between independent variable and dependent variable. In this term, we use correlation technique " Spearman". The relationship between independent variable together with dependent variable we use "Regression approaching" by F and T examination to see the significant level.
Based on the result of research from the implementation of the relationship between Learning Organization and Organization Effectiveness on HAM Research and Development bureau, we can know that free variable has a significant relationship with Organization Effectiveness. That free variable are Unify Vision, Mental Model and Thinking Systematic, despite for variable Learning Team and Individual Skill that less significant because of staff skill and capability in HAM Research and Development bureau is the consolidation of 7 merger departments, and lack of skilled research staff cause learning cannot find integrity. But if we try to see the relationship between independent variable together with dependent variable, with a partial T examination we can see that Learning Team is a non-significant variable on statistic. This condition can be accepted because staff in HAM Research and Development bureau environment still tries to find a standardized form that fit on Learning Team, despite lack of skilled research staff and the discussion and also the dialog process that is not run well.
With that research result, we can see that the implementation of Learning Organization has a significant relationship with Organization Effectiveness, and we need improvement on individual staff skill in the environment of HAM Research and Development bureau through training and educating. In term of learning, we need dialog and discussion as a means of learning to face and solve the problem, so the organization effectiveness can be realized.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14065-Hubungan penerapan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14065
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 129 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14065 15-19-535376448 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81570