:: UI - Pidato :: Kembali

UI - Pidato :: Kembali

Kontribusi ilmu keperawatan dalam pembangunan kesehatan

Achir Yani S. Hamid; (UI-Press, 1997)

 Abstrak

Dengan segala kerendahan hati perkenankanlah saya terlebih dahulu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul bersama sama dalam acara Dies Natalis ke 47 dan Wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor Universitas Indonesia. Mewakili Fakultas Ilmu Keperawatan, pidato ilrniah yang akan saya sampaikan berjudul "Kontribusi Ilmu Keperawatan dalam Pembangunan Kesehatan."
Hadirin yang saya hormati,
Dalam pembangunan bangsa Indonesia, tiap upaya ditekankan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berarti bahwa manusia menjadi titik sentral pembangunan bangsa, karena manusia berkualitas tinggi adalah sumber kekuatan utama suatu bangsa. Satu syarat utama peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah melalui peningkatan kualitas kesehatan yang diperoleh melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas pula. Keperawatan sebagai bagian integral dari sistem kesehatan merupakan kunci utama keberhasilan pembangunan kesehatan, apabila kontribusi ilmu keperawatan difasilitasi oleh berbagai faktor lain, termasuk kemampuan profesional yang dimiliki oleh sebagian besar perawat Indonesia sehingga tidak hanya dapat berperan sebagai perawat pelaksana, pendidik, dan pengelola, tapi bahkan sebagai peneliti yang berkemampuan mengembangkan ilmu keperawatan serta menyelesaikan masalah keperawatan secara berkesinambungan.
Pads World Health Assembly ke 36 tanggal 13 Mei 1983, ditekankan tentang peran penting perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menggerakkan masyarakat untuk pengembangan Primary Health Care yang efektif. Dalam pertemuan ke 75 WHO Executive Board, 14 Januari 1985 telah diputuskan mengenai perubahan peran perawat dan perlunya mempersiapkan perawat dengan kemampuan memimpin sebagai penggerak, pembawa perubahan dan pembaharu serta berperan serta dalam perencanaan program dan evaluasi pelayanan kesehatan.

 File Digital: 1

Shelf
 PGB 0543-Achir Yani S. Hamid.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : PGB 0543
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: UI-Press, 1997
Physics10 pages ; 21 cm.
Type
Format
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PGB 0543 PGB 0543 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81599