:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan ahli madya keperawatan: suatu studi di PAM Keperawatan Program Keguruan Depkes di Jakarta dan Surabaya

Hutabarat, Helminaria; Anwar Hassan, supervisor (Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Hal yang utama merupakan masalah adalah guru yang kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Hal ini merupakan prediktor kekurangan mampuan guru melaksanakan tugas sebagai tenaga pengajar. Jadi masalah dalam penelitian ini adalah belum diketahui tingkat kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ahli Madya Keperawatan Program Keguruan. Ruang lingkup penelitian adalah untuk mengetahui faktor yang kemungkinan mempengaruhi kesiapan mengajar yaitu minat terhadap jabatan guru, motivasi belajar, persepsi terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar dan nilai tes masuk di PAM Keperawatan Program Keguruan. Rancangan penelitian ini adalah studi analitik survey dengan pendekatan cross sectional. Tehnik analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian ini adalah bahwa: 1. Ada hubungan yang bermakna antara minat terhadap jabatan guru dengan Tingkat Kesiapan Mengajar. 2. Ada hubungan yang bermakna antara motivasi belajar dengan Tingkat Kesiapan Mengajar. 3. Tidak ada hubungan antara Tingkat Kesiapan Mengajar. 4. Tidak ada hubungan antara nilai tes masuk dengan Tingkat Kesiapan Mengajar. 5. Peneltian ini menyimpulkan bahwa secara bersama-sama terdapat hubungan yang bermakna antara minat terhadap jabatan guru, motivasi belajar, persepsi terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar dan nilai tes masuk dengan Tingkat Kesiapan Mengajar .
Saran dari penelitian ini adalah : (1) Himbauan pada pihak Institusi PAM Keperawatan Program Keguruan a) agar berupaya menumbuhkan dan meningkatkan minat mahasiswa yang semakin positif terhadap jabatan guru dan menjaga citra guru. Hal ini dapat diiaksanakan dengan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, b) Agar berupaya meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, hal ini dapat ditempuh dengan, b.1) Meningkatkan keinginan berprestasi dengan cara menciptakan kompetisi antar mahasiwa, b.2) Mengadakan bimbingan terhadap mahasiswa yang mengalami kesulitan, b.3) Menyediakan literatur yang ada hubungannya dengan mata kuliah serta mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan literatur tersebut. (2). Himbauan pada pihak Pusdiknakes Dep Kea agar dalam penerimaan mahasiswa baru diadakan pengukuran (tes) minat. (3). Untuk Peneliti selanjutnya agar mengikutsertakan variabel lain yang berpengaruh terhadap kesiapan mengajar yaitu faktor lingkungan alami dan sosial beserta faktor instrumen diantaranya kurikulum, program, sarana dan guru.

 File Digital: 1

Shelf
 T2600-Helminaria Hutabarat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 81 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-309054759 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81820