:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Reproduksi detil antara bahan cetak Silikon dan pasta Zink Oxide Egenol pada jaringan lunak Palatum

Chaidar Masulili; Bambang Irawan Sosrosoedirdjo, supervisor; Djaya Suminta, supervisor ([Publisher not identified] , 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
Kecekatan dan retensi gigi tiruan lepasan tergantung pada adaptasi yang baik dari basis gigi tiruan terhadap jaringan lunak di bawahnya. Adaptasi ini diperoleh dari kontak yang erat antara basis gigi tiruan terhadap jaringan mukosa pendukungnya. Untuk itu harus dibuat dari cetakan yang dapat merekam jaringan lunak di bawahnya secara akurat. untuk mendapatkan suatu detil pencetakan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, viskositas, kebasahan, Cara penanganan bahan cetak dan kemampuan bahan cetak untuk mengalir di atas jaringan lunak. Petunjuk tanda anatomi palatum yaitu sutura palatal median, rugae dan papilla incisif dapat dipakai untuk mendeteksi hasil cetakan. Penelitian ini, dari 15 model reproduksi cetakan palatum yang dicetak dengan bahan cetak silikon dan 15 model reproduksi cetakan palatum yang dicetak dengan bahan pasta zink oxide egenol dievaluasi dengan menentukan jumlah skor, yaitu skor rongga kosong dan skor detil jaringan dari masing-masing kelompok bahan cetak.
Pada hasil pemeriksaan kedua bahan cetak ini terlihat adanya perbedaan reproduksi detil. Dari hasil uji statistik menunjukkan tidak adanya perbedaan reproduksi detil antara bahan cetak silikon dengan bahan cetak zink oxide egenol pada jaringan lunak palatum. Kemungkinan adanya perbedaan ini dapat disebabkan pada penetapan skor tidak terlihat perbedaan yang lebih detil antara skor 1 dengan skor lainnya. Sedangkan perbedaan pada hasil pemeriksaan dapat disebabkan sifat kebasahan jaringan, kebasahan bahan cetak, adanya perbedaan efek penipisan karena sobekan, jumlah dan ukuran partikel bahan pengisi dan kompatabilitas gips dengan bahan cetak. Dengan mengetahui kemampuan hasil reproduksi kedua bahan cetak ini, secara umum untuk menambah perbendaharaan ilmu kedokteran gigi, dan khususnya meningkatkan kualitas kerja klinik.

 File Digital: 1

Shelf
 T4147-Chaidar Masulili.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vi, 41 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-460288219 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82033