:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Estimasi angka kematian di Indonesia berdasarkan data sensus 1980 dan sensus 1990

Sri Rahayu Djody H.S.; I Gusti Ngurah Agung, supervisor; Aris Ananta, supervisor; Sri Harijati Hatmadji, examiner; Samosir, Omas Bulan, examiner ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Masalah kependudukan di Indonesia ditandai oleh besarnya jumlah penduduk, tingginya angka pertumbuhan penduduk, struktur penduduk yang masih muda, persebaran penduduk antar daerah yang tidak merata dan kualitas kehidupan penduduk yang masih perlu ditingkatkan (Repelita V, 1989). Dari permasalahan kependudukan yang dihadapi ini telah ditetapkan pokok-pokok kebijaksanaan kependudukan antara lain berupa upaya yang terarah pada penurunan angka kematian.
Kematian atau mortalitas sebagai masalah kependudukan sebenarnya telah diperhatikan dan dipelajari oleh para demografer mulai tahun 1950-an. Perhatian pada dekade berikutnya kemudian beralih pada masalah fertilitas sehubungan dengan adanya ledakan jumlah penduduk di berbagai belahan dunia terutama di negara-negara berkembang.
Namun demikian mortalitas pada akhir-akhir ini kembali banyak mendapat perhatian dengan pandangan yang lebih baru dan perspektif yang lebih luas. Berbagai alasan pokok sehubungan dengan meningkatnya perhatian pada masalah mortalitas antara lain diberikan oleh Utomo (1985):
1. Pengertian tentang kontribusi penurunan mortalitas terhadap penurunan fertilitas, yang selanjutnya akan memperlambat pertumbuhan penduduk. Dalam rangka menurunkan angka pertumbuhan penduduk, disamping dilakukan pengendalian fertilitas, penurunan mortalitas terutama mortalitas bayi dan anak akan sangat efektif dalam mengenalkan norma keluarga kecil di kalangan masyarakat, walaupun untuk sementara waktu penurunan mortalitas akan meningkatkan jumlah penduduk.
2. Persepsi tentang perlunya untuk mengkaji kembali masalah mortalitas dan morbiditas dari sisi kualitas penduduk, kapasitas manusia dan produktivitas secara ekonomi.
3. Memudarnya pendapat bahwa mortalitas akan mengalami penurunan dengan sendirinya dengan meningkatnya pembangunan ekonomi.
Karena pendapat ini, pada dekade tahun 1960-an dan 1970-an, masalah mortalitas dikesampingkan dan perhatian jauh lebih banyak ditujukan pada masalah fertilitas untuk pengendalian pertumbuhan penduduk. Perhatian terhadap masalah mortalitas segera meningkat setelah adanya berbagai kenyataan yang menunjukkan bahwa mortalitas di berbagai negara berkembang tidak mengalami penurunan seperti yang diharapkan, malahan untuk beberapa negara tertentu mengalami peningkatan.
Angka kematian di Indonesia telah turun selama 30 tahun terakhir ini, namun dibandingkan dengan negara tetangga penurunan tersebut masih relatif kecil. Malaysia, Hongkong dan Singapura mengalami penurunan kematian yang cepat setelah Perang Dunia Kedua (Utomo, dkk, 1984). Faktor-faktor yang menyebabkan turunnya jumlah kematian di Indonesia antara lain adalah perkembangan teknologi di bidang pertanian dan perkembangan industri modern, munculnya perkembangan fasilitas penyaluran bahan makanan dan jasa, kemajuan sanitasi lingkungan dan program kesehatan masyarakat (BKKBN, 1982).

 File Digital: 1

Shelf
 T1315-Sri Rahayu Djody HS.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 185 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-917550783 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82221