:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara kualitas layanan antenatal dengan karakteristik ibu hamil yang mengunjungi puskesmas di Kotamadya Medan Pada tahun 1991

Hendi Suhendro; Nasrin Kodim, supervisor; Anhari Achadi, supervisor; Sumedi Sudarsono, examiner; Ronnie Rivany, examiner ([Publisher not identified] , 1991)

 Abstrak

ABSTRAK
Peningkatan kualitas manusia dan kualitas keluarga lebih mendapat perhatian pada Pelita V dengan kelompok sasaran ibu, dan balita untuk mewujudkan kesejahteraan ibu dalam upaya menurunkan angka kematian dan angka kesakitan ibu, bayi dan balita.
Angka kematian ibu merupakan salah satu indikator penilaian derajat kesehatan masyrakat. Namun angka kematian ibu masih cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju. Layanan antenatal diharapkan mempunyai daya ungkit terbesar dalam menurunkan angka kematian ibu. Dimana angka kematian ibu yang tidak melakukan kunjungan layanan antenatal adalah 5 kali lebih tinggi dari yang melakukan satu atau lebih kunjungan layanan antenatal.
Pada penelitian ini ingin diketahui hubungan antara kualitas layanan antenatal dengan karakteristik ibu hamil.
Untuk mencapai tujuan tersebut dirancang penelitian kuantitatif deskriptif analitis dengan pendekatan "cross sectional" di 10 Puskesmas di Kotamadya Medan dengan melakukan analisa secara persentase, regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positip yang bermakna dari beberapa faktor pada karakteristik ibu hamil yang diteliti.
Di antara faktor-faktor yang diteliti} faktor pengetahuan dan paritas ibu hamil yang paling berpengaruh untuk memperoleh kualitas layanan antenatal yang diterimanya. Dengan meningkatkan kualitas layanan antenatal diharapkan dapat mencegah kematian ibu secara dini. Dan perlu pula peningkatari pengetahuan dan ketrampilan penyedia layanan untuk mengikuti perkembangan dan kebutuhan program.

 File Digital: 1

Shelf
 T7870-Hendi Suhendro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1991
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xii, 135 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-999523830 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82280