:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pelayan direktori terdistribusi

Abdul Ro`uf; Luhukay, Joseph F.P., supervisor; Bagio Budiardjo, supervisor ([Publisher not identified] , 1990)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam tesis ini dibuat model pelayan direktori yang dapat melayani permintaan akses arsip pada sistem terdistribusi.
Model yang dibuat menggunakan memori utama sebagai media untuk menyimpan arsip yang sedang dioperasikan. Ruang memori yang dipakai, lokasinya tersebar didalam sistem. Untuk memudahkan pengelolaan, maka ruang memori tersebut dibagi kedalam blok-blok.
Pelayan direktori terdiri dari dua tingkat pelayan, yaitu pelayan pusat dan pelayan lokal. Pelayan pusat menangani pengelolaan ruang memori keseluruhan secara global dan melayani akses arsip ke disk oleh pelayan-pelayan lokal. Sedangkan pelayan lokal menangani pengelolaan ruang memori secara rinci pada lokasi dimana pelayan lokal tersebut berada dan melayani permintaan akses arsip oleh pemakai. Antar pelayan lokal dapat terjadi saling komunikasi.
Fasilitas pelayanan arsip yang disediakan hanya terbatas pada operasi arsip yang dasar yaitu: operasi buka arsip, operasi baca arsip, operasi tulis arsip dan operasi tutup arsip.
Pelayanan akses arsip oleh beberapa peminta secara serentak dapat dilayani untuk permintaan baca arsip yang serentak ataupun satu permintaan tulis arsip dan lainnya permintaan baca arsip yang terjadi secara serentak. Sedangkan untuk permintaan tulis arsip yang serentak akan dilayani satu persatu secara berurutan. Cara ini diterapkan untuk menjaga suatu arsip selalu dalam keadaan yang konsisten.
Arsip yang sedang dipakai, seluruh datanya akan berada di memori. Sedangkan perubahan-perubahan data yang terjadi hanya akan ditulis ke disk pada saat arsip tersebut di tutup.
Model yang dibuat telah diimplementasikan menggunakan mesin Hewlett-Packard dengan dua buah stasiun kerja, yang fasilitas memorinya masing-masing 4 mega-byte dan 8 mega-byte. Mesin tersebut dioperasikan dengan menggunakan sistem operasi HP-M. Sedangkan untuk keperluan komunikasi antar proses pada model yang dibuat, digunakan protokol TCP/IP.

 File Digital: 1

Shelf
 T6043- Abdul Rouf.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xii, 57 pages : illustartion ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-136269720 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82463