:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara persyaratan mental dan kesenangan membaca guru dengan prestasi membaca dan menulis-permulaan murid kelas II SD di pedesaan

Diah Harianti; A.S. Munandar, supervisor ([Publisher not identified] , 1988)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara persyaratan mental guru (yaitu pengetahuan dan sikap guru) dan kesenangan membaca guru dengan prestasi membaca-dan menulis permulaan murid kelas II SD di Pedesaan. Pada kelas-kelas permulaan sekolah dasar hubungan antara guru dan muridnya sangat erat. Keadaan guru mempengaruhi prestasi muridnya. Keadaan guru yang mempengaruhi muridnya antara lain adalah ciri-ciri kepribadian guru yang menjadi persyaratan mental dari guru yang efektif. Persyaratan mental tersebut adalah persyaratan pengetahuan dan sikap guru terhadap muridnya. Selain itu kesenangan membaca guru juga mempengaruhi prestasi membaca-dan-menulis-permulaan murid.
Subyek penelitian adalah guru dan murid kelas II SD di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Alat penelitian yang dipakai adalah alat penelitian yang sebagian besar dibuat sendiri oleh penulis yang sebelum dikenakan pada subyek penelitian dicari lebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Alat tersebut adalah tes pengetahuan, Skala sikap dan angket kesenangan membaca untuk guru den tes dikte untuk murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara persyaratan mental dan kesenangan membaca guru dengan prestasi-membaca-dan-rnenulis-permulaan murid kelas II SD pedesaan tidak signifikan. Penulis sarankan apabila akan melakukan pembuktian terhadap hipotesa tersebut sebaiknya mengontrol pula faktor lingkungan sekolah dan subyek penelitian lebih diperbanyak.

 File Digital: 1

Shelf
 T2191-Diah Harianti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1988
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 138 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-408868358 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82872