:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penggunaan diatermi pada pengobatan sinusitis maksilaris sub-akut

Friasti Fathma; Hendarto Hendarmin, supervisor; Tulaar, Angela B.M., supervisor ([Publisher not identified] , 1988)

 Abstrak

ABSTRAK
Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, maka berkembang pulalah peralatan yang dipergunakan oleh dokter untuk meningkatkan taraf kesehatan dan Kehidupan masyarakat. peralatan baru di bidang kedokteran dapat berupa peralatan diagnostik maupun terapeutik.
Sesuai dengan judul penelitian ini, akan dibicarakan suatu peralatan terapeutik yang menggunakan arus listrik, karena itu disebut juga ?Elektro-Terapi?. Salah satu jenis elektro-terapi yang dipergunakan di Unit Rehabilitasi Medis saat ini adalah penggunaan arus listrik untuk pemanasan jaringan ("diathermy") dengan mengubah arus listrik menjadi arus elektromagnetik gelombang pendeK ("Snort Wave Diathermy") atau elektromagnetiK gelombang mikro ("Micro Wave Diathermy").
Diatermi dengan arus listrik ini banyak digunakan pada pengobatan penyakit kolagen, seperti rheumatoid arthritis, atau pada kontraktur akibat fibrotik jaringan Rat. Tapi akhir-akhir ini, diatermi juga banyak digunakan pada kasus sinusitis paranasaiis, terutama pada jenis sub-akut atau pada sinusitis dengan penyembuhan yang tidak sempurna dimana terapi nyeri yang menetap atau Kronis(16,22,35,3 ). Sedangkan secara Minis, masalah yang dihadapi Para penderita sinusitis maksilaris sub-akut, selain gejala radang pada umumnya, yaitu adanya rasa nyeri atau tidak menyenangkan di daerah sekitar hidung atau sakit kepala. Keluhan gejala ini akan mengganggu pasien dalam melaksanakan kegiatan aktifitas sehari-hari.
Juga, adanya kecenderungan sinusitis maksilaris sub-akut rnenjadi Kronis, karena terdapat penumpukan infiltrat peradangan di dalam rongga sinus maksilaris yang sukar mengalir keluar. Hal ini dapat terjadi pada sinus maksilaris karena ostium yang tersumbat akibat edema mukosa, maupun karena faktor anatomis seperti lantai sinus maksilaris yang terletak lebih rendah dari ostium maupun dasar rongga hidung (37).
Secara teoritis,diatermi pada sinusitis maksilaris sub-akut akan membantu mempercepat proses penyembuhan karena mempunyai efek memperbaiki sirkulasi darah, menghilangkan nyeri, menghilangkan edema dan mempercepat penyerapan eksudat, sehingga terapi antibiotik akan menjadi lebilh efektif.
Karena itu, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan pasien sinusitis sub-akut yang diberi pengobatan, diatermi disamping terapi medikamentosa yang lazim dengan kelompok pasien yang hanya mendapat terapi medikamentosa. Tujuan penelitian ini, secara umum adalah untuk membantu upaya peningkatan kualitas pengobatan serta mempercepat proses penyembuhan sinusitis maksilaris sub-akut di Indonesia.
Sedangkan secara khusus, akan dapat menguji kebenaran hipotesa bahwa penggunaan diatermi disamping terapi lazim lainnya akan membantu mempercepat proses penyembuhan sinusitis maksilaris sub-akut. Sehingga pada akhir uji klinik ini diharapkan dapat diketahui seberapa jauh tingkat efektifitas pemakaian diatermi sebagai pengobatan tambahan pada sinusitis maksilaris sub-akut dan gejala samping apa yang timbul akibat pemberian diatermi pada penderita sinusitis maksilaris sub-akut.

 File Digital: 1

Shelf
 T1743-Friasti Fathma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1988
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 76 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-567526746 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83009