:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Suatu studi permulaan tentang distribusi kasus epulis fibromatosa pada pasien yang datang berobat ke sub unit bedah mulut RS. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada periode 1980?1985

R. M. Zukarnain A. Moertolo; Eddy Aulia Fatah, supervisor; Budiharto, supervisor ([Publisher not identified] , 1986)

 Abstrak

ABSTRAK
Latar belakang masalah, berdasarkan pengalaman klinis, penyakit-penyakit dan kelainan yang mengenai jaringan lunak di dalam rongga mulut cukup banyak dijumpai. Akan tetapi penelitian-penelitian di bidang tersebut masih sedikit. Saya merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang adanya penyakit atau kelainan yang mengenai jaringan lunak di dalam rongga mulut; sedangkan penelitian yang diakukan juga masih terbatas.


Topik penelitian yang saya pilih disini adalah "Epulis Fibromatosa", karena pada dasarnya masyarakat masih awam tentang kelainan ini sehingga sering datang dengan keluhan yang berkesan suatu "cancer phobi".


Data yang tepat dari prevalensi, Epulis Fibromatosa di Indonesia belum ada. Pada penelitian ini saya ingin memberi gambaran tentang Epulis Fibromatosa pada pasien yang datang berobat ke Sub Unit Bedah Mulut R. S. Cipto Mangurikusumo Jakarta, perbedaan jumlah kasus pada pasien laki-laki dan perempuan,distribusinya berdasarkan lokasi kelainan tersebut didalam rongga mulut Berta jumlah kasus berdasarkan umur pasien.


Masalah.

Bagaimana gambaran penyebaran kasus Epulis Fibromatosa di R.S.Cipto Mangunkusumo Jakarta selama periode tahun 1980-1985 ?


Sub Masalah.

Berapa prosentasi kasus Epulis Fibromatosa pada pasien yang datang berobat ke Sub Unit Bedah Mulut R.S.Cipto-Mangunkusumo Jakarta?

Bagaimana distribusi Epulis Fibromatosa pada pasien laki-laki dan perempuan ?

Bagaimana distribusi Epulis Fibromatosa berdasarkan lokasinya didalam rongga mulut ?

Bagaimana distribusinya Epulis Fibromatosa berdasarkan umur pasien ?


Tujuan Penelitian.

Tujuan Umum, untuk mengetahui distribusi kasus Epulis Fibromatosa pada pasien yang datang berobat ke Sub Unit Bedah Mulut R.S. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Tujuan Khusus, Untuk mendapatkan gambaran penyebaran tentang kasus Epulis Fibromatosa pada pasien yang datang berobat ke Sub Unit Bedah Mulut R.S.Cipto Mangunkusumo Jakarta,perbedaan prosentasi pada pasien laki-laki dan perempuan,distribusinya berdasarkan lokasi epulis di dalam rongga mulut serta distribusinya-berdasarkan umur pasien.


Kegunaan hasil penelitian.

Penelitian ini nerupakan penelitian awal dari suatu kelainan jaringan lunak mulut yaitu Epulis Fibromatosa. Dengan melakukan penelitian ini diharapkan diperoleh gambaran tentang prosentasinya, distribusi menurut jenis kelamin, distribusi menurut lokasinya di dalam rongga mulut serta distribusinya menurut umur pasien.

Untuk melakukan penelitian kasus ini pada seluruh masyarakat di Indonesia memerlukan banyak waktu dan cara yang lebih sempurna lagi. Hasil penelitian ini selanjutnya dapat di manfaatkan untuk bahan penyuluhan kepada masyarakat serta tindak lanjut perawatan bagi pasien.


 File Digital: 1

Shelf
 T4168-R. M. Zulkarnain A. Moertolo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1986
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ii, 30 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-614463482 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83053