:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Eksistensi dan kedudukan bunyi frikatif bilabial tak bersuara bahasa Jepang

Sheddy Nagara Tjandra; Masinambow, Eduard Karel Markus, promotor; Chigusa, Shin-ichi, co-promotor; Haryati Soebadio, examiner; Yoshihiro Takadono, examiner; Lapoliwa, Hans, examiner; Djodjok Soepardjo, examiner; Siti Dahsiar Anwar, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Jika kita membuka koran Jepang, mata akan bertemu dengan huruf-huruf kanji (tulisan bahasa Cina). Itu sudah wajar dan tidak aneh lagi. Selanjutnya mata akan disambut oleh huruf-huruf Jepang. Bagi mereka yang tahu bahasa Jepang, segera mengetahui bahwa hurur-huruf itu adalah hiragana dan katakana. Selain itu, meskipun tidak banyak, mata masih akan bertemu dengan beberapa huruf Latin berikut angka Arab. Itulah wujud bahasa Jepang tertulis. Di antaranya ternyata penggunaan katakana tidak sedikit. Aksara katakana digunakan terutama untuk menulis kata-kata pinjaman yang diserap dari bahasa asing dan ada yang menyebutnya menjadi katakanago (" kata-kata serapan ditulis dengan aksara katakana").
Katakanago yang tampil pada koran antara lain dapat disaksikan dari acara televisi yang dimuat pada koran Asahi Shimbun (salah satu surat kabar nasional di Jepang) tanggal 18 Nopember 2001. Acara TV itu ada dua, dua-duanya diambil dari NHK (Nippon Hoosoo Kyookai "Televisi Jepang"); satu adalah siaran televisi dengan pemancar dari satelit dan satu lagi adalah siaran televisi dengan pemancar biasa (Gambar 1).

 File Digital: 1

Shelf
 Eksistensi dan kedudukan-Full text (D 484).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : D484
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : rdacontent
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 258 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D484 07-18-932486327 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83148