:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis pola keberangkatan zona-zona pada wilayah DKI Jakarta sebagai akibat dari penjadualan

Parura, Anthon Rante; Sutanto Soehodho, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Peningkatan kebutuhan transportasi mendorong timbulnya peningkatan kemacetan yang diwakili oleh peningkatan VC pada jaringan. Terdapat hubungan yang terbalik antara peningkatan trip dengan ketersediaaan jaringan jalan. Mengantisipasi hal tersebut maka perlu dilihat pola - pola pergerakan dari setiap zona-zona. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan program STUE. Kemudian untuk mendistribusikan secara merata pola waktu keberangkatan setiap zona dan pola pergerakan setiap zona maka dibangun sub-modul schedulling.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pola waktu keberangkatan zona-zona dan pola pergerakan trip di jaringan jalan dengan parameter V/C rasio. Disadari trade off antara trip dengan ketersediaan jaringan pada waktu sibuk tidak seimbang, maka memerlukan penjadualan (schedulling) pola waktu keberangkatan untuk merubah polanya. Dengan maksud tersebut dan dengan didukung sub modul schedulling yang disusun, peneliti mencoba juga untuk menganalisa zona-zona mana yang terbesar menyumbang trip pada ruas-ruas di DKI Jakarta dan pola pergerakan trip dart zona-zona di DKI Jakarta.
Dari hasil pembebanan sebelum penjadualan terlihat bahwa kecenderungan trips memulai melakukan aktivitas atau pola waktu keberangkatan dari setiap zona terpusat pada segmen waktu tertentu, dan setelah penjadualan berubah pola keberangkatan menjadi terdistribusi secara merata pada setiap segmen waktu dengan penurunan V/C ratio dan waktu tempuh iebih singkat pada tiap wilayah DKI Jakarta seperti sebagai berikut ; Jakarta Pusat 4,25 SMP.menit, Jakarta Utara 0,79 SMP.menit, Jakarta Timur 1,11 SMP.menit, Jakarta Selatan 1,17 SMP.menit, Jakarta Barat 0,59 SMP.menit.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14649-Analisis pola.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14649
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 84 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Univeristas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14649 15-20-206081258 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83196