:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran tim ahli owner pada tahap desain terhadap peningkatan kinerja mutu desain proyek bangunan industri

Yazi Deswan; Krishna Mochtar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Proyek bangunan industri atau konstruksi bangunan industri memiliki ciri sebagai suatu kegiatan yang kompleks dan melibatkan banyak disiplin ilmu. Pada setiap tahapan proyek, pemilik proyek atau owner banyak berperan, antara lain dalam bentuk keterlibatan suatu tim ahli yang dapat menjadi counterpart bagi institusi konsultan perencana proyek tersebut. Pengetahuan dan pengalaman operasional bangunan industri yang dimiliki oleh tim ahli owner menjadi salah satu sumber masukan bagi terciptanya desain bangunan industri yang bermutu.
Penelitian ini mencoba untuk mendapatkan gambaran nyata tentang peran tim ahli owner pada tahap desain dan melihat adanya hubungan antara peran tersebut dengan peningkatan kinerja mutu desain pada proyek bangunan industri.
Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer, dengan menggunakan metoda questionnaire (angket). Pemilihan metoda berdasarkan pengamatan bahwa banyak penelitian yang berkaitan dengan peran dan kinerja menggunakan metoda ini, selain itu juga karena kepraktisan metoda dan pertimbangan waktu. Penelitian menggunakan 36 sampel, analisis data menggunakan statistik dilakukan terhadap 30 sampel. Cakupan sampel adalah proyek bangunan industri yang desainnya dilakukan di Jakarta dan Jawa Barat.
Dan hasil analisis data, terbentuk persamaan model, yang merupakan model regesi persamaan linier. Model tersebut menggambarkan peran tim ahli owner pada tahap desain terhadap peningkatan kinerja mutu desain proyek bangunan industri. Peran tim ahli owner, yang menjadi variabel penentu dan tergambar pada model dengan urutan yaitu: pertemuan/koordinasi berkala tim ahli owner sebanyak 63,7 %, penyusunan spesifikasi teknis sebanyak 11,4 %, evaluasi atas tahapan pembuatan gambar rancangan sebanyak 10,2 % dan pengalaman profesional ketua tim ahli owner sebanyak 3,1 %.

 File Digital: 1

Shelf
 T14677-Peran tim-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14677
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 64 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14677 15-19-849706500 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83205