:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Motivasi kerja arsiparis pada Departemen Pekerjaan Umum = Motivation of the archivists of Public Works Department

Siambaton, Ernita; Siti Sumarningsih, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Departemen Pekerjaan Umum, merupakan departemen yang menghasilkan banyak proyek penting yang berskala nasional dan bersifat monumental yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat banyak seperti jembatan, jalan raya, irigasi, dsb. Oleh sebab itu departemen ini menghasilkan banyak arsip penting yang harus dikelola dengan baik guna menunjang pelaksanaan kegiatannya sehari-hari. Selain itu departemen ini juga menghasilkan banyak arsip penting yang memiliki makna sejarah dan memiliki nilai berkelanjutan bagi bangsa. Tentu saja untuk dapat mengelola arsip tersebut dengan baik dibutuhkan arsiparis yang memiliki motivasi kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh gambaran tentang motivasi kerja arsiparis, (2) faktor-faktor motivasi kerja yang ada pada departemen tersebut, (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi kerja arsiparis.
Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah arsiparis pada Departemen Pekerjaan Umum yang seluruhnya berjumlah 35 orang. Arsiparis yang dipilih menjadi informan sebanyak 7 orang dipilih secara purposif mewakili arsiparis tingkat terampil dan ahli,senior dan junior, wanita dan pria dan arsiparis yang bekerja pada pusat arsip. Arsiparis yang bekerja di pusat arsip juga dipilih sebagai informan untuk mendapatkan gambaran motivasi mereka dalam bekerja di pusat arsip.
Penelitian dilakukan dengan melaksanakan wawancara dengan para informan yang telah dipilih dengan menggunakan wawancara sistem terbuka, melakukan pengamatan terhadap kondisi kerja secara fisik dan mental serta melakukan kajian terhadap dokumen yang relevan dengan tema yang dipilih.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Arsiparis yang memiliki motivasi menjadi arsiparis karena memang menyukai pekerjaan sebagai arsiparis (motivasi internal), bekerja lebih serius bila dibandingkan dengan arsiparis yang memilih menjadi arsiparis karena faktor eksternal (motivasi eksternal), (2) Motivasi kerja arsiparis tingkat ahli lebih baik bila dibandingkan dengan arsiparis tingkat terampil, (3) Motivasi kerja arsiparis yang Baru diangkat (arsiparis junior) lebih baik dibandingkan dengan motivasi kerja arsiparis yang sudah lama masa kerjanya (arsiparis senior), (4) Motivasi kerja arsiparis wanita lebih baik dibandingkan dengan arsiparis pria, (5) Arsiparis yang bekerja di pusat arsip kurang memiliki semangat kerja akibat kurangnya dukungan terhadap pusat arsip dan kurang memadainya fasilitas dan perlengkapan kerja, (6) Motivasi kerja yang bersifat intrinsik masih dirasakan kurang memadai, terutama dalam hal kurangnya penghargaan dan pengakuan terhadap pekerjaan dan prestasi, (7) rendahnya penghasilan (faktor ekstrinsik) dan kurangnya pengakuan dan penghargaan (faktor intrinsik) merupakan faktor penghambat motivasi mereka dalam bekerja, (8) Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja para arsiparis mengalami kendala keterbatasan dana dan kurangnya dukungan serta perhatian dari lembaga/pimpinan.
Untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis, penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Pimpinan di bidang kearsipan diharapkan untuk lebih kreatif dalam meyediakan pekerjaan yang lebih beragam bagi para arsiparis dan mendorong mereka untuk melakukan kreativitas dalam pekerjaaannya. (2) Peningkatan pengawasan dengan menegakkan disiplin dan sanksi, (3) Pemberian penghargaan kepada arsiparis yang telah bekerja dengan baik, (4) Sosialisasi jabatan fungsional arsiparis yang dilakukan setiap tahunnya perlu dilanjutkan dan ditingkatkan kualitas pelaksanaannya.

Public Works Department is one of the most important institutions in Indonesia and this department have built so many important and monumental projects for public uses such as some giant bridges, streets, dams and irrigations, etc. Therefore Public Works Department creates so many important archives which should be managed well to support its daily activities. This department also creates so many archives that have historical and continuing values. To manage the archives well, this department need to have archivists who have strong motivation at the workplace.
The objective of this research was to find out (1) the description of the archivists motivation at the workplace, (2) intrinsic factors and extrinsic factors, (3) management's efforts to improve their motivation at the workplace and the obstacles to improve their motivation at the workplace.
Hopefully, the results of this research can be used as a guide to improve the archivists motivation at the workplace, especially at The Public Work Department.
This research can be defined as a study case that using qualitative approach. The population in this research was all functional archivists in the Public Works Department, and the sample was taken by using purposive sampling based on stratification according to rank , seniority, and gender. Archivists work in records center also taken to be the respondents to find out the description of their motivation at the workplace in records center.
Data collected by using open interview technique, doing observation on working conditions mentally and physically and studying the documents relevant to the topics.
The results of this research indicated that: (I) the archivists who have internal motivation work more seriously than the archivists who have external motivation, (2) the junior archivists work more seriously than senior archivists, (3) the archivists who have higher rank work more seriously than they are in the lower rank, (4) the female archivists work more seriously than the male archivists, (5) the archivists who work in records center have less enthusiasm for work because of lack of appreciation and recognition and lack of facilities at their workplace, (6) lack of salary (extrinsic factors), lack of appreciation and recognition (intrinsic factors) did not support them to work effectively and efficiently, (7) efforts to improve the work motivation faced with lack of operating funds and lack of recognition and appreciation of the institution and the management.
Based on the results, there are some recommendations to improve the archivists motivation at workplace: (1) the management should be more creatively providing various job for the archivists and motivate them to be more creative in work, (2) improve the supervision by maintaining discipline and punishment, (3) give appreciation to the archivists who have good performance, and (4) improve the quality of socialization functional job archivists.

 File Digital: 1

Shelf
 Motivasi kerja-Full text (T 15374).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T15374
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 125 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15374 15-19-576202387 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83416