:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kegiatan masyarakat nelayan di laut dan di darat dalam kaitannya dengan ketahanan nasional : Studi kasus pada masyarakat nelayan di Marunda Besar Jakarta Utara

Yulius Suroso; S. Budhisantoso, supervisor; Parapat, Farel M., supervisor; Lepi Tanadjaja Tarmidi, examiner; Wahyono S. Kusumoprojo, examiner (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2000)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah mempelajari kegiatan masyarakat nelayan Marunda Besar di laut dan di darat dalam mempertahankan kelangsungan hidup diri dan keluarganya, dan kaitannya dengan ketahanan nasional.
Kegiatan masyarakat nelayan Marunda Besar banyak dipengaruhi oleh kearifan lingkungan teknologi yang diterapkan nelayan dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Rusaknya sistem lingkungan pantai Marunda mengakibatkan populasi ikan di dekat pantai Marunda semakin berkurang dan ikan menjauh dari pantai. Hal ini menuntut upaya yang lebih keras untuk memperoleh hasil tangkapan ikan.
Adanya pembangunan kota Jakarta dan Proyek Perkayuan Marunda menambah rusaknya lingkungan pantai. Di samping itu akibat pembebasan tanah yang dibangun Proyek Perkayuan Marunda, banyak fasilitas yang hilang, seperti gedung sekolah SLTP, sumur bor, pasar dan sarana transpoitasi. Hal ini merupakan kerugian bagi masyarakat Marunda, karena air minum harus beli. Juga anak-anak tidak dapat bersekolah lagi karena sekolah SLTP makin jauh di Cilincing. Di Marunda kini tinggal ada satu gedung sekolah SD yang ada di dekat Mesjid Alam, dan kondisinya sudah tidak memenuhi syarat lagi. Akibatnya tidak banyak anak-anak yang sekolah lanjutan, tidak mampu membiayai. Dengan bekal pendidikan rendah dan ketrampilan yang didapat dari orangtuanya, maka pekerjaan sebagai nelayan tetap menjadi andalan utama.
Dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan itu masyarakat nelayan Marunda Besar menghadapi berbagai kendala internal (budaya) maupun kendala eksternal (lingkungan hidup) tempat mereka bermukim. Akibatnya kehidupan mereka semakin terpuruk, kalau tidak terperangkap dalam kemiskinan structural.
Mereka harus bekerja lebih keras, menggunakan waktu untuk mencari nafkah dengan penghasilan yang tidak menentu dan semakin menyusut. Akibatnya waktu yang digunakan untuk bermasyarakat, membina keluarga dan mendidik anak-anak semakin berkurang dalam jumlah maupun intensitasnya.
Kenyataan ini menyebabkan kerentanan dalam pergaulan sosial masyarakat nelayan, ketahanan keluarga dan komunitas dalam gangguan keamanan. Mereka dengan mudah dipengaruhi oleh pihak luar yang memberikan ataupun menjanjikan berbagai kemudahan ataupun uang tanpa banyak pertimbangan. Akibatnya menjadi lahan subur bagi pencetus masalah sosial yang dapat mengancam ketahanan nasional.

 File Digital: 9

Shelf
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Metodologi.pdf :: Unduh
 T 13624-Analisis pengaruh-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-HA.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Analisis.pdf :: Unduh
 T 14624-Kegiatan masyarakat-Literatur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14624
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2000
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 73 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14624 15-19-264082746 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83459