:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis ekonomi pembentukan modal dalam negeri Indonesia

Yung Iriyudin; Goeltom, Miranda S., supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan dalam negeri, pajak, tingkat bunga riil, arus modal asing, shock yang tidak diantisipasi pada nilai tukar perdagangan dan deregulasi perbankan 1983 terhadap pembentukan modal dalam negeri.
Data yang digunakan dalam kajian empiris ini merupakan data runtun waktu (time series) dari tahun I972 sampai 1993. Analisis yang dipergunakan yaitu pendekatan kointegrasi dan model linier dinamis dari model koreksi kesalahan.
Hasil estimasi memperlihatkan bahwa pendapatan dalam negeri memiliki tanda sesuai dengan yang diharapkan, tetapi nilai t-statistik koefisiennya terlihat tidak signifikan. Pajak dan tingkat bunga rill dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh positif terhadap pembentukan modal dalam negeri. Arus modal asing dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap pembentukan modal dalam negeri tetapi dalam jangka panjang berpengaruh positif. Nilai tukar perdagangan yang tidak diantisipasi baik jangka pendek maupun jangka panjang tidak mampu menjelaskan variasi pembentukan modal dalam negeri.
Kebijaksanaan deregulasi perbankan 1983 berpengaruh positif terhadap pembentukan modal dalam negeri, walaupun signifikannya rendah pada umumnya pelaku ekonomi kurang melakukan penyesuaian terhadap modal dalam negeri sehubungan perubahan kebijakan dan besaran ekonomi.

 File Digital: 1

Shelf
 T 15718a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T15718
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15718 15-19-106916199 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83613