:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang sehubungan dengan kepatuhan pekerja Operator Departemen Produksi dalam mengikuti prosedur operasi di PT. Peni Cilegon tahun 2005 = Factors related to the compliance of operator's workers within production department through operation procedures at Peni Company Cilegon plant site in the year 2005

Selamat Riyadi; Hendra, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Industri dengan risiko tinggi untuk terjadi kecelakaan kerja memeeukan komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja baik dari pihak perusahaan atau manajemen maupun pekerja. Dalam melaksanakan kebijakan K3, pedoman K3 dan prosedur dalam proses produksi sangat penting untuk menjadi acuan atau petunjuk untuk mencapai kinerja IC3 dan menjamin mutu produk Salah satu bentuk perilaku keselamatan kerja yang harus diperhatikan adalah kepatuhan (compliance) terhadap prosedur kerja yang ada sehingga kinerja K3 dan jaminan mutu produk menjadi optimal.
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pekerja operator departemen produksi dalam mengikuti prosedur operasi di PT. Peni Cilegon tahun 2005. Desain penelitian ini adalah dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 50 responden.
Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa tingkat kepatuhan pekerja operator departemen produksi terhadap prosedur operasi masih perlu ditingkatkan dan di antara faktor internal dan ekstenal yang berhubungan dengan kepatuhan mengikuti prosedur operasi adalah variabel motivasi, sedangkan variabel lainnya (lama kerja, pengetahuan, sikap, persepsi, pengaruh rekan kerja dan pengawasan supervisor) tidak terbukti memiliki hubungan bermakna.
Disarankan untuk dilakukan program pelatihan yang berkaitan dengan motivasi dalam behavioral safety, seperti Behavior-base Safety Training. Selain itu diperlukan juga perhatian terhadap faktor internal dan eksternal dengan memberikan pelatihanpelatihan.

Industrial with high risks to occur work accident need Occupational Safety and Health (OSH) stake holder's commitment, management and workers. In implementation HSE's regulations and guidance, production process procedures is very important as guidelines aim OSH performance and product quality assurance. As one of most behavioral safety which interested is compliance through there are operation procedures to OSH performance product quality assurance optimal becoming.
The objectives of this study is to find out the factors related to the compliance of operator's workers within production department through operation procedures at Peni company Cilegon plant site in the year 2005. This study design is analytic survey with cross-sectional method. The sample of this study are total population amount of 50 respondents.
From the result of this study it could be concludes that compliance level operator's workers production department through operation procedures need still to improvement and among internal and external factors have related within following procedures compliance is motivation variable, but others variables (work period, knowledge, attitude, perception, work peer group influence, supervision) not have evidence significant related.
Advised shall to do the training program related about motivation within behavior safety, it's Behavior-base Safety Training. Also of the needs attention through internal and external factors with offer many training.

 File Digital: 1

Shelf
 T15573-Faktor-faktor yang-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T15573
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15573 15-19-698258190 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83656