ABSTRAK PT Great River International (GRI) adalah perusahaan pembuat pakaianjadi dengan Iisensi merek-merek terkenal dunia. Sebagai perusahaan yangterintegrasi dan menguasai pangsa pasar terbesar pakaian jadi untuk segmenmenengah ke atas di Indonesia dan telah melakukan ekspor ke Iebih dari 20negara di dunia, posisi PT GRI sebenarnya tergolong kuat. Tetapi dengandihapuskannya Multi Fibre Arrangement secara bertahap sampai tahun 2004,maka struktur pasar PT GRI jadi berubah. Yakni dari pasar Iokal yang semuladiproteksi menjadi pasar terbuka, sehingga mengakibatkan produk impormembanjiri pasar domestik. Selain itu, tingkat kompetisi bisnis pakaian jadi didunia juga semakin meningkat.Untuk menghadapi peningkatan persaingan dan mempertahankansurvival korporasinya, PT GRI perlu menyusun dan merencanakan strategibisnisnya dengan merespon setiap perubahan yang terjadi di Iingkungan internalmaupun eksternal perusahaan.Dari analisis Iingkungan eksternal diketahui bahwa ancaman utama yangdihadapi PT GRI adalah perkembangan ekonomi dan politik selama kurun 2tahun terakhir yang buruk. Sedangkan faktor peiuang adalah permintaan eksporyang tinggi akibat depresiasi rupiah dan perkembangan jumlah penduduk yangterus meningkat. Dari analisis lingkungan internal perusahaan, terutama faktormanajemen, pemasaran dan produksi menunjukkan indikasi yang kuat.Sebaliknya faktor keuangan cukup lemah. lni disebabkan depresiasi rupiah yangtaiam telah menaikkan biaya impor dan pengeluaran-pengeluaran yang dibayardalam dolar AS.Hasii analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi bisnis PT GRI beradapada kwadran I, yang berarti perusahaan harus meiakukan strategipertumbuhan. Namun demikian dengan mempertimbangkan kondisi keuanganperusahaan, maka perusahaan dapat mengkombinasikannya dengan strategidevensif dengan tujuan penghematan dan memperbaiki posisi keuanganperusahaan. Sedangkan strategi generik yang sesuai untuk PT GRI adaiahstrategi diferensiasi. Untuk mengurangi risiko akibat penerapan strategidiferensiasi, perusahaan perlu memiliki kemampuan, diantaranya 1 strategipemasaran yang kuat, inovasi/kreativitas mode atau fashion dan reputasiperusahaan untuk memimpin mutu dan teknologi pada industri pakaian jadi.Hasil analisis Competitive Profile Matrix menunjukkan posisi PT GRI dipasar domestik unggul dalam segmen pakaian dalam wanita, pakaian pria danpakaian anak. Sedangkan pada segmen pakaian dalam pria dan jeans &pakaian santai, posisinya di bawah pesaing, terutama pada faktor harga,promosi dan distribusinya. Untuk memperbaiki posisi bersaing kedua segmen inidi pasar domestik, perusahaan dapat melakukan pengembangan produk danpasar terutama pada segmen menengah yang diyakini daya belinya masihcukup tinggi. Perusahaan juga perlu menurunkan harga, meningkatkananggaran periklanan dan memperbaiki jalur distribusi yang ada.Hasil analisis portofolio General Electric menunjukkan : Segmenpakaian dalam wanita dan pakaian pria pada posisi daya tarik industri tinggi dankekuatan bisnis perusahaan yang juga tinggi, maka slrategi unit bisnis danalokasi sumber daya diarahkan untuk mempertahankan dominansi pasar,melindungi kekuatan yang ada dan kelola sebaik-baiknya untuk laba sekarang,serta maksimumkan investasi. Segmen pakaian anak pada posisi daya tarikindustri tinggi dan kekuatan bisnis perusahaan sedang, maka strategi unitbisnis dan alokasi sumber daya diarahkan untuk memelihara danmempertahankan posisi sekarang, identifikasi segmen pasar yang bertumbuh,pengembangan produk dan pasar, sementara investasi dilakukan hati-hati danselektif. Sedangkan segmen pakaian dalam pria dan jeans & pakaian santaipada posisi daya tarik industri sedang dan kekuatan bisnis perusahaan sedang,maka strategi unit bisnis dan alokasi sumber daya diarahkan untukmengidentifikasi segmen pasar yang bertumbuh, pengembangan produk danpasar, sedangkan investasi dilakukan selektif dan dipusatkan pada segmendengan Iaba yang baik dan risiko yang rendah.
|