:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penilaian perusahaan dengan menggunakan model Whitcbeck & Kisor untuk data BEJ

Hutapea, Evyria Mauline Natiur; Manurung, Adler Haymans, 1961-, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Teori Nilai Perusahaan yaitu Struktur Modal menggunakan beberapa pendekatan dalam pemodelan yang dipakai. SaIah satu pendekatan yang digunakan dalam menentukan nilai perusahaan adalah dengan pendekatan Price Earnings Ratio (PER), yang pada awalnya diambil dari pemodelan yang diteliti oleh Whitbeck dan Kisor, dengan memasukkan variabel bebas seperti : dividers pay-out ratio, growth, dan beta perusahaan.
Penelitian ini didasarkan pada pendekatan tersebut di atas, dengan menggantikan variabel diuiden pay-out ratio dengan variabel return on assets (ROA) dan debt to equity ratio (DER), agar diperoleh faktor apa yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan pemodelan pendekatan earnings.
Untuk hasil yang diharapkan, dilakukan uji statistik dengan menggunakan model analisis regress linear berganda, dengan variabel PER sebagai variabel dependen dan variabel GROWTH, BETA, ROA dan DER sebagai variabel-variabel independennya.
Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah 32 (tiga puluh dua) perusahaan yang tercatat di BEJ selama periode 2002 - 2004, dan merupakan perusahaan dengan transaksi aktif tertinggi.
Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa makin banyak variabel dari faktor financial ratio dimasukkan dalam pemodelan, makin terlihat positif pemodelan yang diperoleh. Dengan demikian untuk melihat nilai perusahaan, faktor-faktor bisnis dan faktor financial berpengaruh positif terhadap pendekatan earnings yang diujikan.

Value of the firm theory i.e. Capital Structure, used several approach for models. That is Price Earnings Ratio which determined the value of the firm theory. First, the model of this research was taken from Whitbeck and Kisor 's mode, that used price earnings ratio as an dependent variable, and some independent variables like : dividend pay-out ratio (DPC), growth (g) and beta of the firm.
This research was develope based on that theory, which removed the dividend pay-out ratio variable then change with return on assets's variable (ROA) and added debt to equity ratio 's varable (DER), in order to get the significant factors that influenced the earnings's model.
As a result, to be examined some stas/itical test which used the multiple linear regression, that used PER 's variable as a dependent variable and get growth (g), beta of the firm, return on assets (ROA) and debt to equity ratio (DER) as independent variables.
Population for sample was taken from 32 firms which listed on Bursa Efek Jakarta (BE]), for 2002 - 2004.
These research was getting some results if that was some variables from financial ratio being enterred to the model, that seem more positive model. Thus, the business factors and the financial factors significant positive to influence the earnings's model.

 File Digital: 1

Shelf
 Penilaian perusahaan-Full Text (T 17060).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17060
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 150 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17060 15-19-412163023 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 88439