:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peningkatan nilai tawar teknologi hasil-hasil penelitian untuk percepatan proses komersialisasi yang sinkron dengan model pelaksanaan pengembangan penelitian

Marhaindro Waluyo; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor; Isti Surjandari Prajitno, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Memasuki perdagangan bebas dan era globalisasi banyak hal-hal yang harus dipersiapkan, di antaranya adalah kesiapan para peneliti dan pengembang teknologi dalam temuan-temuan yang bersifat inovatif. Namun sejauh ini kontribusi para peneliti dan pengembang teknologi pada dunia usaha atau industri masih banyak kekurangannya. Sedikit sekali hasil penelitian yang bersifat komersil. Terkait dengan hal tersebut, program percepatan implementasi dan komersialisasi hasil-hasiI riset dan teknologi sangat diperlukan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya serap hasil riset dan teknologi dalam negeri ke berbagai dunia usaha. Beberapa pengalaman memperlihatkan bahwa dunia industri sangat sangsi dengan hasil kerja dan kualitas penelitian di Indonesia, karena hasil-hasil riset selama ini banyak yang tidak dilengkapi oleh sejarah perjalanan suatu penelitian atau dokurnentasi yang lengkap dari hasil penelitian tersebut.
Berkaitan dengan hal tersebut, ada suatu usaha untuk meningkatkan nilai tawar teknologi yang dilakukan secara bertahap untuk mencapai komersialisasi. Hubungan-hubungan kemitraan dilakukan untuk dapat dijadikan model dalam percepatan komersialisasi hasil-hasil riset. Ada 6 hasil penelitian yang mempunyai karakteristik berbeda-beda. Ada yang sudah sukses komersil dan yang akan sukses. Model kemitraan dari 6 hasil penelitian jika dilakukan akan menghasilkan suatu model yang terintegrasi. dan diharapkan model tersebut sinkron dengan tahapan-tahapan dalam menaikkan nilai tawar teknologi serta mempercepat komersil.
Dalam studi ini, proses tahapan menaikkan nilai tawar teknologi dicoba untuk diperbaiki; jika perlu didesain ulang dalam bentuk proses yang efisien, pendekatan yang dilakukan adalah dengan metode Business Process Reengineering agar diperoleh waktu yang lebih pendek. Model partnerhip (kemitraan) yang terintegrasi dilakukan dengan pendekatan secara skematik dan untuk mengukur efektifitas partnership dilakukan dengan radarchart untuk lebih mengetahui perbedaan efektifitasnya.
Analisis dilakukan dan dihasilkan suatu bentuk proses komersialisasi yang sederhana dan lebih efisien dalam bentuk blok diagram yang menghasilkan pengurangan waktu yang cukup penting disertai kendala yang menyebabkan prosesnya menjadi lama. Perbaikan proses dilakukan terhadap kurva s, dengan menyisipkan satu proses paten turunan. Model partnership yang dihasilkan dikendalikan sepenuhnya oleh Ieadership dengan efektifitas partnership pendanaan dalam kondisi kurang. Telah terjadi sinkronisasi dalam percepatan komersialisasi yaitu dilakukannya peningkatan nilai tawar teknologi bersama-sama dengan melakukan partnership.

Entering free trade and globalization era many things which must be drawn up, among others is the readiness of all technological developer and researchers in finding having the character of inovative. But so far contribution all technological developer and researchers at corporate world or industry still many the negatives. Pittance result of research having the character of commercial. Related to the mentioned, program acceleration of pickings commercialisation and implementation research and technological very need. This program is expected can improve absorpsion result of researching and domestic technology of various corporate world. Some experiences show that very dubious industrial world with result work and quality of research in Indonesia, because pickings research into during the time many which do not equip by journey histories or complete documentation of research result.
Relating to the mentioned, there is an effort to improve value bargain technology step by step to reach commercialisation. Partner relations done to be able to be made by model in acceleration of pickings commercialisation research. There is 6 research result having characteristic different each other. There is success which have commercial and to success. Model partner from 6 research result if united will yield an integrated model. and expected by the the model synchronize with steps in boosting up value bargain technology and also quicken commercially.
In this study, step process boost up value bargain technology tried to be improve;repaired, if needing redesain in the form of efficient process, approach taken with method of Business Process Reengineering so that obtained shorter time. model of partnerhip integrated to be done with approach by schematic and to measure partnership efektifitas done with radarchart to be more know the difference of him.
Analysis done and yielded by an form process more efficient and simple commercialisation in the form of diagram block yielding reduction of accompanied by important enough time of constraint causing the process of becoming llama. Repair of process done to curve of s, inserted one generation patent process. Model yielded to be partnership to be controlled fully by leadership with financing partnership efektifitas in a condition less. happened synchronization in acceleration of commercialisation that is the conducting of improvement of value bargain technology together with partnership.

 File Digital: 1

Shelf
 Peningkatan nilai-TOC (T 16881).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T16881
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 74 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16881 15-19-722865800 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 88830