:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rancang bangun alat elektrokardiogram (EKG) telemedika

Hanafi; Dadang Gunawan, supervisor ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Electrocardiogram ( EKG ) adalah alat pengukur sinyal jantung yang digunakan untuk mendiagnosa fungsi jantung. Pada rumah-sakit atau unit pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik, pos kesehatan yang letaknya jauh dari kota besar, jumlah alat tersebut belum terlalu banyak karena harganya masih relatif mahal.
Selain harga peralatan mahal, ada kendala lain yang dihadapi tenaga kesehatan di unit-unit pelayanan yang letaknya jauh terpencil dalam hal konsultasi dengan konsulen atau dokter ahli di rumah sakit pusat yaitu masalah waktu dan biaya. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, penulis merancang prototype alat EKG yang diberi nama EKG Telemedika. Alat ini direncanakan berfungsi untuk mengukur sinyal jantung, kemudian dapat mengirirnkan sinyal tersebut ke tempat lain dengan menggunakan komputer, modem dan jaringan telepon PSTN.
Perancangan yang dilakukan terdiri dari perancangan sistem, perancangan perangkat keras dan perancangan perangkat lunak. Perancangan perangkat keras berupa pembuatan kard EKG yang terdiri dari bagian pengendali menggunakan sistem minimum mikroprosessor 8031, proteksi dan penyangga, lead selektor, penguat differensial, filter, rangkaian isolasi dan konverter analog ke digital.
Hasil pengujian yang dilakukan pada slat tersebut menunjukan bahwa EKG telemedika dapat mengukur sinyal jantung dari phantom EKG ( alas simulasi pembangkit sinyal jantung ), meskipun sinyalnya masih dipengaruhi oleh noise dan pengiriman sinyal jantung melalui jaringan telepon dapat dilakukan.

 File Digital: 1

Shelf
 T16748-Hanafi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 48 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-253182109 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89240