:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan model kapasitas persimpangan tanpa lampu lalu lintas (studi kasus DKI Jakarta)

Tampubolon, Libertinus T.; Tangkudung, Ellen Sophie Wulan, supervisor; Heddy Rohandi Agah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pada umumnya prosedur analisis kapasitas simpang tanpa lampu lalulintas didasarkan pada model stochastic seperti model gap yang diterima (gap-acceptance model) yang menyatakan kapasitas adalah sebuah fungsi dari tersedianya gap kritis (critical gap). Penelitian dimaksudkan untuk menentukan nilai gap kritis simpang dan mengembangkan model kapasitas simpang tanpa lampu lalulintas tiga kaki (T-intersection) berdasarkan teori gap yang diterima (gap-acceptance theory).
Pengumpulan data di lapangan menggunakan video kamera yang memiliki fasilitas durasi waktu. Data primer yang diamati adalah volume simpang, gap diterima dan ditolak pada arus mayor serta follow-up time kendaraan arus minor. Gap kritis dianalisis dengan pendekatan deterministik yaitu metode Raff dan pendekatan probabilistik yaitu analisis probit. Pengembangan model dilakukan dengan mengaplikasikan parameter hasil analisis gap kritis pada kandidat model yaitu Model Blunden (1961), Model Harders (HCM 1985), Model Siegloch (HCM 1994), Model Modified Harders, Model Modified Siegloch dan Model Tanner (1962). Kapasitas kandidat model yang paling mendekati kapasitas lapangan ditetapkan sebagai model terpilih.
Hasil Penelitian menunjukkan gap kritis diperoleh didasarkan metode Raff menghasilkan nilai gap kritis sebesar 2,00 detik. Model terpilih adalah Model Modified Harders yang dikembangkan melalui dua pendekatan yaitu teknik regresi linear dan penaksiran parameter dengan metode trial and error. Modifikasi dilakukan dengan menetapkan parameter gap minimum tm=0,25 detik dan parameter skala distribusi X dikali 1,5 hingga diperoleh model kapasitas simpang tanpa lampu lalulintas.

 File Digital: 1

Shelf
 T 16862-Pengembangan model.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T16862
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 159 hlm. ; ill. , 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16862 15-19-616838656 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89482