:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa kinerja PT. X dengan metode balanced scorecard

Ritonga, Din Aswan Amran; Teuku Yuri M. Zagloel, supervisor; Indra Adhi Wibowo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tingkat persaingan yang semakin kompleks pada era informasi, dibutuhkan kemampuan perusahaan untuk dapat mengeksploitasi dan memobilisasi aset-aset yang tidak berwujud disamping aset-aset berwujudnya. Salah satu alat bantu pengukuran kinerja yang dapat mengakomodasi tuntutan perubahan yang terjadi adalah Balanced Scorecard yang menggunakan empat perspektif dalam mengukur kinerja suatu perusahaan, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kemasan, khususnya kemasan fleksibel, selama ini masih bergantung pada pengukuran kinerja secara parsial, belum representatif dan komprehensif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba melakukan pengukuran dan analisa kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Analisa yang dibuat berdasarkan penerjemahan visi dan misi perusahaan kepada masing-masing perspektif yang ada pada Balanced Scorecard.
Dari hasil pengukuran terhadap 21 KPI, diperoleh hasil 11 KPI tidak mencapai target dan 10 KPI mencapai target. Berdasarkan hasil analisa kinerja dirumuskan inisiatif strategis perusahaan, perspektif keuangan dirumuskan tiga inisiatif strategis, perspektif pelanggan 2 inisiatif strategis, perspektif proses bisnis internal 2 inisiatif strategis dan 2 inisiatif strategis untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.

The competition level which is too complex in this revolution of information era that happen nowadays required companies to have competitive specialization that extremely dependent on their ability to mobilize and exploit intangible asset beside tangible asset. One of the performance measurement tools that can accommodate of occurring changes is the Balanced Scorecard which uses four perspective in measuring the performance of the company, which are financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective.
PT. X is a company which run in packaging industry, especially flexible packaging, which until now still depends on partial performance measurement, that is not representative and comprehensive enough, so this research tries to measure and analyze company's performance using Balanced Scorecard, based on the company vision and mission into each perspective.
The results of measurement 21 KPI's are 10 KPI's, above the target and 11 KPI's below the target, Based on the Performance analyses, Initiative strategic are formulated as company initiative strategic, which is three initiative strategic on financial perspective, two initiatives strategic on customer perspective, two initiative strategic on internal business process and two initiative strategic on learning growth perspective.

 File Digital: 1

Shelf
 T 16864-Analisa kinerja.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T16864
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 101 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16864 15-17-943048683 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89483