Deskripsi Lengkap
| Bahasa : | ind |
| Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
| Tipe Konten : | text (rdacontent) |
| Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
| Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
| Deskripsi Fisik : | iv, 93 pages ; 30 cm + appendix |
| Naskah Ringkas : | |
| Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
| Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
| No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
|---|---|---|
| T17582 | 15-19-633503561 | TERSEDIA |
| Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90083 |
Abstrak
ABSTRAK
Media massa sudah sejak lama digunakan sebagai saluran komunikasi politik. Kehadirannya tidak saja bisa dimanfaatkan oleh mereka yang mempunyai kemampuan untuk menyeleksi mana yang penting dan mana yang tidak untuk diberitakan. Oleh karena itu kehadiran debat di Televisi antar kandidat presiden Amerika sebagai salah satu komponen pers yang bebas dan saluran tradisi demokrasi di Amerika antara pemimpin bangsa dan para pemilih dalam kehidupan politik di Amerika tidak diragukan lagi. Media massa tidak saja dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi politik bagi warganya, akan tetapi secara tidak Iangsung menetukan arah bangsa dengan mendiskusikan issu issu bangsa yang sedang berlaku pada saat itu.
Beranjak dari Iatar belakang yang diutarakan, maka pokok masalah kajian ini berangkat dari pertanyaan dalam konteks studi pemikiran ekonomi Amerika dan pengaruhnya dalam komunikasi politik di Amerika seperti: 1. apa dampak atau pengaruh isu isu perekonomian dalam debat kandidat presiden Amerika? 2. apakah kontribusi dari masing masing isu ekonomi (pajak, kesehatan, AFTA, perdagangan luar negeri, subsidi, dll ) dalam debat kandidat presiden dalam menenlukan kemenangan pemilihan Presiden? Jadi permasalahan pokoknya tidak diangkat dari pengaruh dampak debat kandidat presiden, akan tetapi justru lebih menekankan kepada isi permasalahan ekonomi.
Melihat makin besarnya peranan debat kandidat presiden Amerika dalam kehidupan perekonomian dan politik Amerika dewasa ini, khususnya dalam studi ini adalah peranan isu perekonomian dalam analisa kandungan debat, maka tujuan utama dari studi ini adalah berawal dari pengkajian transkrip debat debat kandidat Presiden Amerika pada tahun 1992. Secara rinci tujuan Studi ini adalah : 1. Mengkaji bagaimana peranan isu isu ekonomi dalam ketiga debat kandidat presiden Amerika tahun 1992. 2. Menelaah bagaimana perbedaan dalam melakukan tanggapan (response) dan kemampuan berkomunikasi dari para kandidat presiden Amerika tahun 1992 uutuk isu isu perekonomian. 3. Memahami analisa analisa yang ditampilkan dalam media tentang isu isu ekonomi dalam debat kandidat presiden Amerika selama pemilihan presiden Amerika tahun 1992 serta bagaimana masing-masing kandidat menggunakan isu isu ekonomi dan membungkusnya dalam mendukung ungkapan-ungkapan perekonomian dan perpolitikan pada masa kampanye kepresidenannya. 4. Untuk memahami dan memperlihatkan pemahaman teks dari format debat kandidal presiden dalam tradisi demokrasi Amerika.
Media massa sudah sejak lama digunakan sebagai saluran komunikasi politik. Kehadirannya tidak saja bisa dimanfaatkan oleh mereka yang mempunyai kemampuan untuk menyeleksi mana yang penting dan mana yang tidak untuk diberitakan. Oleh karena itu kehadiran debat di Televisi antar kandidat presiden Amerika sebagai salah satu komponen pers yang bebas dan saluran tradisi demokrasi di Amerika antara pemimpin bangsa dan para pemilih dalam kehidupan politik di Amerika tidak diragukan lagi. Media massa tidak saja dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi politik bagi warganya, akan tetapi secara tidak Iangsung menetukan arah bangsa dengan mendiskusikan issu issu bangsa yang sedang berlaku pada saat itu.
Beranjak dari Iatar belakang yang diutarakan, maka pokok masalah kajian ini berangkat dari pertanyaan dalam konteks studi pemikiran ekonomi Amerika dan pengaruhnya dalam komunikasi politik di Amerika seperti: 1. apa dampak atau pengaruh isu isu perekonomian dalam debat kandidat presiden Amerika? 2. apakah kontribusi dari masing masing isu ekonomi (pajak, kesehatan, AFTA, perdagangan luar negeri, subsidi, dll ) dalam debat kandidat presiden dalam menenlukan kemenangan pemilihan Presiden? Jadi permasalahan pokoknya tidak diangkat dari pengaruh dampak debat kandidat presiden, akan tetapi justru lebih menekankan kepada isi permasalahan ekonomi.
Melihat makin besarnya peranan debat kandidat presiden Amerika dalam kehidupan perekonomian dan politik Amerika dewasa ini, khususnya dalam studi ini adalah peranan isu perekonomian dalam analisa kandungan debat, maka tujuan utama dari studi ini adalah berawal dari pengkajian transkrip debat debat kandidat Presiden Amerika pada tahun 1992. Secara rinci tujuan Studi ini adalah : 1. Mengkaji bagaimana peranan isu isu ekonomi dalam ketiga debat kandidat presiden Amerika tahun 1992. 2. Menelaah bagaimana perbedaan dalam melakukan tanggapan (response) dan kemampuan berkomunikasi dari para kandidat presiden Amerika tahun 1992 uutuk isu isu perekonomian. 3. Memahami analisa analisa yang ditampilkan dalam media tentang isu isu ekonomi dalam debat kandidat presiden Amerika selama pemilihan presiden Amerika tahun 1992 serta bagaimana masing-masing kandidat menggunakan isu isu ekonomi dan membungkusnya dalam mendukung ungkapan-ungkapan perekonomian dan perpolitikan pada masa kampanye kepresidenannya. 4. Untuk memahami dan memperlihatkan pemahaman teks dari format debat kandidal presiden dalam tradisi demokrasi Amerika.