:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

System forecasting PT. KHI Pipe Industries

Arifudin; Yuanita Rohali; Soeroso, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992)

 Abstrak

PT. Krakatau Hoogovens Internasional Pipes (KHI) adalah perusahaan yang merupakan patungan antara FT. Krakatau Steel dan FT. Indhasana. Dalam melaksana-kan produksinya, FT. KHI mengasilkan berbagai raacam pipa las spiral diantaranya untuk keperluan industri minyak dan gas,pipa air dan pipa struktur. FT. KHI sampai sekarang ini raerupakan satu-satunya perusahaan Indonesia penghasil pipa las spiral yang mendapatkan sertifikat dari "American Petroleum Institute" atas keberhasilannya membuat pipa yang sesuai dengan standard industri perminyakan.
Konsumen industri pipa baja da pat dikategorikan menjadi tiga kelompok utama, yaitu: Pertamina untuk pipa minyak dan gas; Pemerintah, terutama BUMN dibawah Departemen Pekerjaan Umum untuk pipa struktur dan pipa air; serta Industri umum.
Dalam melakukan pembelian pipa baja,kriteria yang digunakan adalah spesifika-si teknis, harga dan waktu pengiriman. Dari segi jumlah dana yang dibutuhkan, laman-ya waktu pengerjaan dan manfaat yang diperoleh dari pekerjaan yang telah dilakukan, proyek yang berhubungan dengan pipa baja da pat dikategorikan proyek investasi jangka panjang yang memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, proses pembelian oleh masing-masing konsumen dilakukan dengan melalui proses tender. Bag! produsen pipa baja, proses produksi baru akan dilakukan jika telah terjadi kesepakatan dengan pihak konsumen mengenai jenis dan kwalitas pipa yang diinginkan, harga Jumlah pipa yang dibutuhkan dan waktu pengiriman. Dengan perkataan lain, proses produksi pipa baja adalah Job Order.
Permintaan pipa baja di Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor. Untuk tingkat "Remote Environment", faktor yang paling berpengaruh diantaranya adalah: permintaan dan harga minyak di pasaran dunia, besarnya bantua luar negeri yang nantinya akan dipergunakan untuk membiayai pembangunan sektor riel, keb jjaksanaan pemerin-tah baik dalam bidang moneter maupun bidang industri dan perdagangan. Faktoryang berpengarub pada "Industry Environment" adalahsemakinsengitnyatingkatpersaingan yang diakibatkan oleh masuknya produk luar negeri yang menggunakan politik dumping, semakin banyaknya produsen yang memproduksi pipa baja baik dari jenis pipa las spiral maupun pipa las lurus dan berdirinya pabrik penghasil pipa tanpa sambungan (Seamless). Faktor lain yang mempengarub! permintaan dan produksi pipa baja, adalah pemasok bahan baku yang sekarang sudah tidak dimonopoli lag! oleh PT. Krakatau Steel, kekurangan tenaga kerja yang terlatih dan kreditoryang dananya dibutuhkan untuk perluasan dan modernisasi fasilitas produksi.
Melihat proses produksi yang sifatnya Job Order dan banyaknya faktor yang mempertinggi tingkat ketidakpastian, maka proses forecasting produksi yangselama ini digunakan oleh PT. KHI, yaitu metode Delphi - metode berdasarkan pada tingkat produksi tahun sebelumnya - ternyata mempunyai penyimpangan yang cukup besar dibandingkan dengan kenyataan produksi.
Dalam karya akhir in! dibuktikan bahwa selain metode Delphi da pat digunakan metode forecasting lain,yaitu metode Time Series dan metode Regresi yang ternyata mempunyai penyimpangan yang lebih kecil dibandingkan dengan metode yang selama ini digunakan. Dengan perkataan lain, metode forecasting yang selama ini digunakan barns digantikan dengan metode baru, seperti yang dilakukan dalam karya akhir ini.
Dalam karya akhir ini juga dibahas langkah-langkah yangtelah diambUoleb PT. KHI untuk memenuhi target produksinya, dan tindakan-tindakan yang dianggap perlu untuk raasa yang akan datang. Juga disertakan saran~saran dari penulis yang kesemuanyaditujukanuntukmeningkatkan "Competitive Advantage", sehinggaPT.KHI berhasil memenangkan persaingan dalam industri pipa baja yang semakin tajam.

 File Digital: 1

Shelf
 T85-Arifudin Yuanita Rohali.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xxviii, 163 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-083706112 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90180