:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Latihan konsep prabilangan sebagai usaha pengembangan kemampuan berpikir matematis dini

Ediasri T. Atmodiwirjo; Singgih D. Gunarsa, promotor; Bonang, Engelina, co-promotor ([Publisher not identified] , 1993)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian iai bertujuan untuk menjawab permasalahan apakah pemberian latihan konsep prabilangan dapat meningkatkan kemampuan berpildr matematis dini seorang anak. Dengan mengacu pada Ginsburg & Russell maka apa yang dimaksud dengan kemampuan berpikir matematis dini adalah kemampuan seorang anak dalam menyelesaikan sejumlah tugas kognitif yang tidak saja memerlukan kemampuan perseptual tetapi juga ingatan, kemampuan numerik dan abstraksi. Konsep prabilangan mencakup delapan konsep yang secara terpadu merupakan dasar dari pengalaman belajar logiko matematikal. Bersumber pada kegiatan-kegiatan yang disusun oleh Richardson dkk. dalam program kegiatan matematika untuk anak usia Pra sekolah dan awal Sekolah Dasar, dibuat satu paket latihan. Teori perkembangan kognitif dari Piaget dan Bruner serta cara pembelajaran konsep dari Klausmeier dan Liebeck menjadi dasar dari pemberian latihan konsep prabilangan bagi anak usia 5 - 6.5 tahun yang tidak bersekolah.
Alasan pemilihan topik ini disebabkan karena berpikir merupakan unsur penting dalam hidup manusia. Berpikir-matematis dini juga perlu dikembangkan, khususnya pada anak yang tidak pernah mendapat pengalaman awal bersekolah. Diduga suatu tuntunan yang terarah akan meningkatkan kemampuan berpikir matematis dini pada anak.
Studi ini dilakukan di Desa Rangkapan Jaya Depok, melibatkan 30 anak sebagai kelompok eksperimen dan 30 anak sebagai kontrol. Data yang diolah adalah hasil prauji dan pascauji pada 12 tugas berpikir matematis dini dari Ginsburg & Russell dengan menggunakan analisa kovarian.
Hasil penelitian menunjukkan latihan konsep prabilangan mempunyai pengaruh bermakna pada enam tugas berpikir matematis dini, yaitu Seriasi, Ekuivalensi, Bilangan Lebih Besar, Aturan Unit, Kalkulasi Penjumlahan dan Menulis Angka.
Hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk pengembangan alat ukur kemampuan berpikir matematis dini bagi anak usia prasekolah dan paket latihan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk usaha mencerdaskan bangsa.

 File Digital: 1

Shelf
 Latihan konsep-Full text (D 0022).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : D 00022
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 168 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D 00022 07-18-218617879 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 91017