:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis hubungan antara proses pembelajaran dan iklim magang di perusahaan dengan motivasi belajar peserta pemagangan di p3tkim Bandung

Atiek Chrisnarini; Bambang Indriyanto, supervisor; Waworuntu, Mariah, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adafah untuk mengetahui hubungan antara proses pembeiajaran dan ikiim magang di perusahaan dengan motivasi belajar peserta pemagangan. Pembahasan motivasi ini didasarkan pada suatu alasan bahwa motivasi merupakan salah satu prasyarat yang paling penting dalam proses pembelajaran, karena dalam proses pendidikan faktor psikologis memegang peranan utama. Keberhasilan dalam belajar safah satunya ditentukan oleh motivasi yang kuat yang ada didalam diri seseorang.
Berdasarkan hat tersebut, maka masalah yang ditampitkan dalam penelitian ini adalah ingin menjawab (1) seberapa besar hubungan proses pembelajaran dengan motivasi belajar peserta pemagangan (2) seberapa besar hubungan iklim magang di perusahaan dengan motivasi belajar peserta pemagangan (3) seberapa besar proses pembelajaran dan iklim magang di perusahaan secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar peserta pemagangan.
Dasar teoritis dalam penelitian ini menggunakan model sekolah sebagai suatu sistem sosial yang mengasumsikan bahwa aktivitas, interaksi dan
perasaan dafam hubungan mutual antar sesama ( guru dan siswa ) dapat dipergunakan sebagai alat untuk menganalisa tingkah laku. Tingkah laku didasarkan pada suatu dorongan atau motivasi yang tidak lepas dart pada kebutuhan. Untuk menunjang model sekolah sebagai suatu sistem sosial dalam membahas motivasi belajar, dikaitkan dengan aliran behavioristik yang meliputi teori-teori stimulus-respons dan aliran Gestalt-field yang meliputi teori-teori kognitif dimana kedua aliran tersebut termasuk aliran abad 20.
Alat analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana dan berganda dengan metode enter; korelasi sederhana.parsil dan berganda. Analisis data ini menggunakan program statistik SPSS dan Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran mempunyai peranan 31 % terhadap motivasi belajar (2) kontribusi iklim magang di perusahaan terhadap motivasi belajar ternyata memberikan peranan yang lebih kecil daripada proses pembelajaran, yakni sebesar 21 % (3) kontribusi secara bersama-sama antara proses pembelajaran dan iklim magang tertiadap motivasi belajar, ternyata lebih besar daripada secara individual, yaitu sebesar 37 %.
Penelitian ini rnenyimpulkan bahwa pendekatan interaktive didalam sekolah sebagai suatu sistem sosial yang dituangkan dalam proses pembelajaran dan iklim magang di perusahaan. ternyata efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Mengingat motivasi belajar mempunyai keterkaitan yang signifikan terhadap efektivitas belajar, maka disarankan perlunya pendekatan psikologis datam kegiatan pembelajaran

 File Digital: 1

Shelf
 Analisis hubungan- Full Text (T 1210).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T1210
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 103 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T1210 15-19-433370599 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 91136