:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Poilitik Luar Negeri Australia di bawah pemerintahan Gough Whitlam dan hubungannya dengan Indonesia

oleh Akhmad Khusyairi ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an banyak terjadi perubahan di kawasan Asia-Pasifik. Perubahan-perubahan tersebut antara lain hubungan antara 2 raksasa komunis, Uni Soviet dan RRC makin tegang dan mencapai puncaknya ketika terjadi bentrok senjata di perbatasan kedua negara. Awal tahun 1970an juga ditandai dengan normalisasi hubungan Amerika Serikat-fcRC yang memungkinkan Cina menjadi anggota PBB menggantikan Cina Taipeh, Inggris bermaksud mengundurkan diri dari Timur Suez, dan. negara-negara Asia Tenggara mendirikan organisasi regional ASEAN.
Dalam situasi international yang demikian itu muncul pemerintah Partai Buruh di Australia di bawah pimpinan Whitlam. Partai Buruh telah 23 tahun berada diluar pemerintahan scbagai oposisi. Setelah memerintah, Whitlam ingin menjalankan politik luar negeri yang mandiri dan tidak mau menggantungkan diri kepada kekuatan asing. Adanya perubahan di kawasan sekitarnya mendorong Whitlam mendefinisikan kembali politik luar negeri Australia yang berlaku selama itu, sebagaimana yang dikatakan dalam pidato pelantikannya ketika diangkat menjadi perdana menteri (AFAR, 335, 1973).
Pernyataan tersebut menunjukkan keinginan Whitlam untuk mendefinisikan kembali politik tuar negeri Australia dalam arti ingin menjalankan politik luar negeri bebas tidak hanya mengikuti politik luar negeri yang dijalankan sahabat besarnya, Amerika Serikat tanpa koreksi. Perdana Menteri Whitlam ingin agar Australia dapat menjalankan politik tuar negeri sebagaimana layaknya negara merdeka.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : MJPK-1-1-JanJuni1998-56
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Marege: Jurnal Pusat Kajian Australia
Volume : Vol. 1 (1) Januari Juni 1998: 56-69
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MJPK-1-1-JanJuni1998-56 03-20-656859789 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 91312