:: UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Beberapa sudut daripada masalah amoebiasis di Indonesia

Bintari Soemardjo; Lie Kian Joe, promotor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1956)

 Abstrak

ABSTRAK
Amoebiasis adalah suatu penyakit yang kita jumpai dinegeri kita secara endemi. Bentuk yang tersering ditemukan ialah bentuk disentri, sedangkan bentuk-bentuk lain seperti abses hati, abses paru-paru, abses otak, amoebiasis kulit atau amoebiasis vagina jarang adanya dinegeri kita.
Gambaran 'klinik daripada amoebiasis intestinalis adalah bermacam-macam. Mungkin penyakit ini terdapat dalam bentuk akut dengan mencret, disertai darah dan ingus dalam tinja dan dcngan mulas hajat. Diagnosis bentuk akut ini biasanya tidak sulit, karena Entamoeba histolytica jenis-hidup dengan sel-sel darah merah didalamnya banyak terdapat dalam tinja. Disamping itu terdapat bentuk menahun yang mempunyai gejala-gejala klinik tidak khas, terutama terdiri atas keluhan-keluhan perut yang samar. Pada bentuk ini biasanya tidak ada darah dan ingus dalam tinja dan tidak mulas hajat. Mencrctpun tidak selalu ada dan bila ada maka sering tidak berat, diselingi oleh kala normal atau kadang-kadang oleh konstipasi. Parasit E. histolytica biasanya sukar sekali ditemukan, baik jenis-hidupnya, maupun dalam bentuk kistanya. Sudah barang tentu, bahwa diagnosis bentuk menahun serupa ini adalah sukar.
Disamping itu dikenal juga apa yang dinamakan pengandung kista atau "cystcndragcr" yang sama sekali tidak mcnunjukkan gejala-gejala klinik, yang merasa dirinya sehat dan yang mengeluarkan kista dalam tinja. Diantara bentuk-bentuk akut, menahun dan pengandung kista tcrdapat bermacam-macam bentuk peralihan, yang satu kadang-kadang lebih sukar dikenal daripada yang lain.
Berapa banyak penyakit amoebiasis intestinalis terdapat diantara rakyat Indonesia tidaklah diketahui dengan pasti, tetapi dari pengalaman kita dapat dikatakan, bahwa penyakit ini terdapat dalam jumlah besar dan dalam bermacam-macam bentuk. Maka dari itu seorang dokter yang bekerja di Indonesia, baik ia bekerja dikalangan orang miskin, maupun dikalangan orang kaya, akan sering berhadapan dengan penyakit ini. Mungkin tiap hari ia harus menjawab pertanyaan "Apakah sisakit yang sedang diperiksa menderita amoebiasis atau tidak ?" Adalah sangat penting untuk mendapatkan jawaban tepat atas pertanyaan ini, karena diagnosisnya bcrhubungan dengan terapi yang harus diberikan kepada sisakit. Sebab itu scorang dokter yang bekerja dinegeri kita harus mengetahui dengan benar-benar tidak hanya gejala-gejala klinik daripada penyakit amoebiasis, melainkan juga cara pemeriksaan penyakit itu didalam laboratorium.
Maksud tesis ini adalah untuk mengetahui frekwensi infeksi E. histolytica pada segolongan penduduk, meninjau berbagai cara diagnostik daripada disentri amoebawi yang dapat dipakai sehari-hari dalam laboratorium sederhana dan beberapa sudut daripada patologi amoebiasis yang didapati pada periksa-bedah-majat.

 File Digital: 1

Shelf
 Beberapa sudut- Full text (D 328).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : D328
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1956
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 158 pages : illustation ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D328 07-18-239515073 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 91351