Kajian model perilaku pengambilan keputusan menyebrang jalan bagi pejalan kaki
Rahmah, Andi;
Sutanto Soehodho, supervisor
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001)
|
Pejalan kaki adalah kelompok pengguna jalan yang paling rentan terlfbatdalam kecelakaan lalu lintas dijalan raya.Keglatan menyeberang ja/an yang c#/akukan sebidang pada ja/an, balkdengan fasi/ltas penyeberangan (zebra crow) maupun Lanpa fasi/ftaspenyeberangan, memedukan keputusan yang tepat da/am menetapkan saatuntuk menyeberang ja/an. Keputusan ini marupakan laktor urama yangmenentu/ran bag/ kese/amatan peja/an kakiPenelltian ini bertujuan mengembangkan model yang dapatmenggambarkan proses pengambllan keputusan menyeberang jalan bagipejalan kaki. Obyek Pene//Dian ini adalah pejalan kaki di Jalan MargondaDepok_ Data yang dlbutuhkan diperoleh dari survey dengan menggunakanteknlk sun/ey wawancara dan survey menggunakan kamera video. ModelPerilaku Pengambilan Keputusan Menyeberang Jalan Bagi Pejalan Kakidibangun menggunakan Model Pmbit balk Binomial Probit Model maupunOrdered Probit Model.Binomial Probit Mode! dlgunakan untuk melihat perilaku pejalan kakidalam memilih waktu gap yang aman atau bahaya untuk menyeberang jalandengan batasan waktu gap kritfs hasil observasl sebesar 3.75 detik. Variabelyang signlflkan mempengamhi perilaku pejalan kaki pada model ini hanyalahprosas tedadinya gap, Pmporsi pejalan kaki yang memilih untuk menyeberangdalam keadaan aman dan bahaya temyata relatlf same.Ordered Probit Model dlgunakan unluk mellhat perilaku pejalan kakidalam memilih diantara beberapa waktu gap untuk menyeberang jalan. Padamodel tanpa memperhatfkan join distribusi variabel yang signilikanmempengaruhi perflaku pejalan kakl adalah usia, kondlsi fislk, kebebasangerak, keoepatan berjalan kaki dan proses terjadinya gap. Hasll yang dlperolehmenunjukkan bahwa 61%-73% proporsi pejalan kaki memilih untukmenyeberang pada dalam keadaan aman. Usia menjadi sangat signilikanketika ditinjau bersama variabel gender dan ukuran kelompok, serta ukurankelompok dan keaepatan berjalan kakf. Sedangkan pada model denganmempemalikan pengaruh join distribusi, 68%-78% proporsi pejalan kakimemilih untuk menyeberang pada waktu gap di atas 3.75 detik_ Variabel yangsignilikan mempengaruhl perilaku pejalan kakl pada model ini adalah gender;usia penampflan, kondlsi tisik, kebebasan geralq keoepatan berjalan kakl dantundaan. |
T6464-Andi Rahmah-full text.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T6464 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 136 pages: illustration; 28 cm. + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T6464 | 15-19-293334696 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 91553 |