:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Manajemen pelayanan sistem panti rehabilitasi sosial anak nakal (Studi kasus pada Panti Sosial Marsudi Putra Handayani, Jakarta)

Indrajaya, supervisor; Suwantji Sisworahardjo, supervisor; Fitriyah, examiner ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

Dewasa ini disatu sisi permasalahan kenakalan anak kian serius dan kompleks,
disisi lain institusi keluarga yang seharusnya menjadi lingkungan utama yang
bertanggungjawab dalam membina, mendidik dan rnengembangkan perilaku
anak mengalami pelemahan daya family cohesiveness yang menyebabkan tidak
setiap keluarga dapat mengatasi kenakalan anaknya. Disinilah peran pelayanan
rehabilitasi sosial anak nakal melalui sistem panti semakin penting dalam
bertindak selaku pengasuh pengganti sementara dalam membina anak. Dalam
kaitan itu manajemen pelayanan merupakan hal yang mendasari berhasil
tidaknya proses pembinaan yang dilakukan maka penelitian dengan
permasalahan pokok bagairnana realitas penempan kebijakan manajemen
pelayanan sistem panti melaksanakan proses manajerialnya dalam mencapai
tujuan pelayanan menjadi sangat penting.Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui gambaran obyektif tentang realitas penerapan kebijakan
manajemen pelayanan sistem panti serta masalah-masalah yang dihadapinya
dan bagaimana upaya untuk mengatasinya. Penerapan kebijakan manajemen
sistem panti ini ditelaah dengan pendekatan perspektif sistim. Secara akademis
hasil penelitian ini diharapkan memberikan informasi dan dorongan bagi
perkembangan pengetahun llmu Kesejahteraan Sosial dan praktek profesi
pekerjaan sosial di Indonesia khususnya dalam studi manajemen organisasi
pelayanan sosialnya. Kegunaan praktisnya sebagai masukan peningkatan
kualitas manajemen pelayanan sosial khususnya yang diselenggarakan melalui
sistem panti.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitis melalui pendekatan kualitatif;
penentuan informasinya secara purposive. Data penelitian dikumpulkan
melalui studi kepustakaan,wawancara mendalam dan observasi. Sasaran
penelitian adalah PSMP Handayani Jakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSMP Handayani sebagai lembaga
pelayanan sosial pemerintah yang bertindak bertugas memperbaiki dan memperkuat keberfungsian perorangan dan keluarga yang berkaitan dengan
peran perannya dalam membina anak nakal belum dapat menghasilkan target
fungsional bagi penerima pelayanannya,dikarenakan antara lain penerapan
kebijakan menajemen pelayanan panti belum mampu berbuat banyak secara
kreatif mengintegrasikan dan memanfaatkan sumber-sumber internal dan
eksternal yang ada dalam lingkungannya menjadi suatu kesatuan yang utuh
bagi keberhasilan pelayanannya. Hal ini terlihat dari 1) pelaksanaan
manajemen panti pada aspek struktur organisasinya dimana manajemen panti
belum dapat mewujudkan mekanisme kerja yang membentuk suatu pola kerja
yang saling mengisi dan menunjang sebagi suatu aktivitas pelayanan yang
mempunyai kesamaan arab, 2) pelaksanaan manajemen panti pada aspek
lingkungan dimana manajemen panti belum dapat secara kreatif
mengkaitkan/melibatkan aktivitas manajemennya dengan unsur-unsur
lingkungan dalam upaya mendapatkan segala jenis sumber yang
diperlukannya., 3) pelaksanaan manajemen panti pada aspek sumberdaya
rnanusianya dimana manajemen panti belum mampu mendapatkan, mengatur
dan mengoptimalkan peran sumberdaya manusianya bagi kegiatan pencapaian
tujuan pelayanan secara Iebih berhasil. Kondisi manajemen ini dipengaruhi
oleh masih sangat terbatasnya kuantitas, kualitas dan komposisi pegawai yang
berkemampuan manajerial secara memadai dan adanya keterbatasan alokasi
anggaran dari pemerintah.
Unluk pembenahan kondisi tersebut, agar panti dapat berperan lebih nyata
dalam menghasilkan sasaran fungsional bagi penerima pelayanannya,
disarankan hal-hal sebagai berikut : 1) dalam pelaksanaan manajemen pada
aspek struktur organisasi perlu dilakukan analisis jabatan sebagai dasar
penentuan pembagian tugas dan prosedur kerja; perlu diciptakan mekanisme
kerja dan koordinasi yang baik diantara sesama komponen pemberi pelayanan;
perlu dibenahi dan diterapkannya instrumen administrasi pelayanan serta
dilaksanakannya sistem pencatatan dan pelaporan secara periodik dan teratur.
2) Dalam pelaksanaan manajemen pada aspek lingkungan perlu dilakukan
sosialisasi program dengan penggunaan konsep ? Social Marketing? dan perlu
dibentuk jaringan kerja pelayanan dengan lembaga terkait.3) Dalam
pelaksanaan manajemen pada aspek sumberdaya manusia perlu dilakukan
pembenahan pengelolan SDM melalui pelaksanaan analisa kebutuhan dan
perencanaan SDM; dilaksanakannya secara terprogram dan intensif
pelaksanaan orientasi dan supervisi.
Seiring dengan upaya tersebut diusahakan pula peningkatan kualitas SDM
panti, khususnya para manajer, pekerja sosial dah pengasuh serta diupayakan
pula tersedianya tenaga profesi lain sesuai dengan kebutuhan panti seperti
tenaga profesi kependidikan., psikolog, psikiater, instruktur keterampilan dan
lain lainnya dengan pemberian insentif/gaji yang layak sehingga pelayanan
yang diberikan merupakan pelayanan yang terintegratif dan profesional.

 File Digital: 1

Shelf
 T3114-Indrajaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T3114
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : v, 159 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T3114 15-19-400234167 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 92542