:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Tinggi epitel dan ekspresi sitokeratin endometrium para akseptor norplant sebelum dan sesudah pemberian etinil estradiol oral serta kaitannya dengan pola perdarahan

Fitri Imelda; Sugito Wonodirekso, supervisor ([Publisher not identified] , 2001)

 Abstrak

Norplant sudah cukup lama digunakan di seluruh dunia, sayangnya kurang lebih 60% menimbulkan rasa tidak nyaman berupa gangguan pola perdarahan yang terutama timbul pada tahun pertama pemakaian. Akibatnya lebih dari 50% menginginkan pencabutan implant.
Salah satu faktor yang diduga berperan pada perdarahan endometrium akseptor Norplant adalah gangguan integritas epitel permukaan baik fungsional dan struktural. Secara struktural ditentukan oleh sitokeratin yang merupakan salah satu jenis filamen intermediant dan berfungsi mempertahankan bentuk sel. Dalam endomentrium ditemukan sitokeratin 7, 8, 18 dan 19. Pada akseptor Norplant ekspresi sitokeratin menurun dan ditemukan pula gambaran atrofit endometrium yang ditandai dengan memendeknya tinggi epitel.
Salah satu obat yang cukup efektif terbukti mengatasi gangguan pola perdarahan akibat Norplant yaitu etinil estradiol. Walaupun secara klinis perdarahan berkurang tetapi beberapa penelitian melaporkan secara mikroskopik tisak ada perubahan struktur endometrium.
Diharapkan hasil penelitian dapat digunakan untuk menambah data tentang integritas epitel permukaan sehingga dapat mengungkap mekanisme perdarahan dan menemukan pengobatannya yang efektif.

 File Digital: 1

Shelf
 T3183-Fitri Imelda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T3183
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2001
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 50 pages : illustration ; 28 cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T3183 15-19-783767617 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 92570