:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peran teknologi informasi pada pelaksanaan operasi proyek perusahaan konstruksi untuk meningkatkan kinerja waktu

Agung Juliantoro; Ismeth Abidin, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Dewasa ini perkembangan bidang teknologi infomasi sangatlah pesat, sehingga banyak bidang kehidupan manusia sehari~hari yang memanfaatkan kemajuan bidang ini, tak terkecuali dunia jasa konstruksi. Pemanfaatan teknologi informasi bagi sebuah perusahaan kontraktor pada saat ini tidak bisa ditawar lagi bila perusahaan kontralctor tersebut masih ingin bertahan hidup dan menang dalam persaingan global dunia yang sebentar lagi akan dimulai. Dari kenyataan inilah sebuah perusahaan kontraktor, terutarna yang berada di wilayah Indonesia harus mempersiapkau diri sebaik-baiknya agar tidak ketinggalan dengan negara-negara tetangga yang Iebih maju.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara nyata tentang adanya hubungan antara penggunaan telcnologi infommsi dalam pengelolaan proyek pada tahap impleznentasi dengan peningkatan kinexja waktu pelaksanaan proyek. Data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan data primer, yang didapatkan dengan menggunal-can metode quesrionnaire. Pemilihan metode ini lebih didasarkan atas pertimbangan bahwa penelitian pendahulu dengan topik yang sama telah dilakukan di negara-negara maju dengan menggunakam metode.
Alasan lain yang menjadi pertimbangan adalah waktu yang tersedia tidak cukup banyak. Wilayah cakupan penelitian berada di Jakarta dan sekitarnya (Jabotabelc) dengan alasan bahwa Jakarta dianggap merupakan barometer aktifitas pernbangunan bangunan tinggi di Indonesia. Data yang diperoleh sebanyak 35 sampel telah diolah dengan metode statistik. Hasil pengolahan data digunakan untuk membuat suatu model yang menggambarkan peran dari pemanfaatan tekrnologi informasi dalam pengelolaan dokumentasi dan schedule pelaksanaan proyek.
Hasil lain yang didapatkan dari kondisi di lapangan bahwa nilai investasi untuk pengembangan teknologi informasi kurang dari 5% total aset perusahaan. Simulasi Monte Carlo diterapkan terhadap model untuk membuktikan stabilitas perkiraan waktu pelaksanaan proyek dengan jumlah sampel sebesar 2000,mengindikasikan bahwa pemanfaatan telcnologi informasi Lmtuk pengelolaandokumentasi dan schedule pelaksanaan proyek mempunyai tingkat pmbabilitaskeberhasilan pelaksanaan proyek sebesar 59%.

 File Digital: 1

Shelf
 T3302-Agung Juliantoro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T3302
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 57 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T3302 15-20-120062938 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 92741