:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kelainan citra sinar-X paru melalui pendekatan statistik

Kartono; Deborah Lukman, supervisor; Aniati Murni Arymurthy, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1990)

 Abstrak

Pada penelitian ini dibuat sebuah sistem pengenal pola yang diterapkan pada diagnosis kelainan paru bsrdasarkan analisis citra sinar-x paru. Sistem dilengkapi dengan fasilitas operasi tingkat rendah yang dapat dijalankan secara interaktif dan digunakan sebagai perangkat menemukan metode yang tepat untuk menghilangkan gangguan pada citra paru. Selain itu sistem memiliki kemampuan untuk mencipta dan menambah basis data yang digunakan sebagai dasar diagnosis.
Hasil pengolahan tingkat rendah dapat diamati di layar dengan kartu grafik VGA, atau dicetak pada alat pencetak dot matriks. Elemen vektor oiri yang digunakan sebagai pembeda dibatasi pada parameter histogram tingkat keahuan citra. Namun disediakan pula elemen ciri kosong yang dapat digunakan sebagai cadangan untuk menambah elemen ciri yang telah ada.
Metode pengambil keputusan yang tersedia pada sistem adalah 1-ATT dan k-ATT dengan nilai k dapat ditentukan secara interaktif bergantung pada jumlah sampel belajar (training sample) yang telah dimasukkan ke dalam sistem. Metode pengambil keputusan ini dilengkapi dengan fasilitas menolak mengambil keputusan bila data yang dimiliki tidak memenuhi syarat untuk digunakan melakukan diagnosis. Dengan demikian sistem akan memiliki penampilan semakin baik sepanjang pemakaiannya. Sistem ini telah dibuat dengan bahasa C dan dikompile dengan kompiler Turbo C pada mesin komputer mikro IBM PC.

 File Digital: 1

Shelf
 T3421-Kartono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1990
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 55 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-802373649 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 92921