:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sistem otomatisasi pengolahan teh hitam PT. XYZ berbasis programmable logic controller (Studi kasus proses pelayuan dan penggilingan)

Haris Rachmat; Wahidin Wahab, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Proses pengolahan teh hitam yang digunakan di PT. XYZ saat ini masih menggunakan teknologi lama yang semua pengendalian prosesnya dilakukan langsung secara manual oleh operator termasuk pada proses pelayuan dan penggilingan yang merupakan proses penentu terhadap mutu produk teh yang dihasilkan. Bisa dipastikan faktor human error akan sangat berpengaruh sekali pads hasil produksinya. Sering terjadinya human error yang mencapai rata-rata 15 % dalam satu tahun, tentunya pertu mendapat penanganan.
Salah satu solusi untuk mengurangi faktor kesalahan operator adalah mengotomasikan proses pengolahan teh hitam tersebut pada proses pelayuan dan penggilingan dengan menggunakan pengendali programmable logic controller.
Langkah pertama untuk mengotomatisasikan hal tersebut yaitu dengan melakukan rancangan ulang proses produksi dengan tetap didasari pada proses pengolahan bakunya. Perancangan ini dimaksudkan untuk melakukan penyelesaian sarana produksi untuk diotomatiasikan. Cara kerja hasil perancangan ulang proses produksi tadi kemudian diterjemahkan ke dalam pemrograman PLC.
Pengujian terhadap hasil pemrograman pada PLC menggunakan piranti lunak InTouch ver 8.0. Dari hasil uji coba terhadap pemrograman yang dibuat, diperoleh hasil bahwa pemrograman tersebut telah sesuai dengan deskripsi verbal proses pelayuan dan penggilingan pada proses pengolahan teh hitam.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14962a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T14962
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 34 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14962 15-20-493422368 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93038